Sukses

Gigi depan anak hitam& memendek

18 Oct 2014, 07:36 WIB
Wanita, 5 tahun.
anak saya usia 5 tahun sampe sekarang masih minum susu pake dot/botol sehingga gigi depannya yang atas 4 buah itu hitam dan memendek.. dan gusi bawahnya juga sebelah kanan aga bolong ..selama ini saya belum ajak dia ke dokter gigi...petanyaan saya..apakah gigi depan anak saya itu harus di cabut..??? apa nunggu tumbuh gigi baru ..terimakasih( perempuan, 5 thn,110 cm,18 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sepertinya anak Anda mengalami apa yang disebut dengan "nursing bottle caries", dimana gigi insisif (gigi seri) rahang atas anak mengalami karies karena dibiasakan minum susu botol hingga anak tertidur, sehingga sisa susu menggenang di permukaan gigi dalam jangka waktu lama selama anak tidur. Sisa susu ini sangat kondusif bagi bakteri, hingga akhirnya terjadi karies.

Rata-rata gigi insisif anak akan digantikan oleh gigi permanennya saat anak berumur kurang lebih 6 tahun. Pergantian gigi susu menjadi gigi permanen akan terus berlanjut hingga anak berusia kurang lebih 12-13 tahun.  Meski akan digantikan oleh gigi permanen, gigi susu anak harus tetap dirawat dan sebisa mungkin bertahan di dalam mulut hingga waktunya gigi permanennya tumbuh. Alasannya, gigi susu yang sehat dibutuhkan supaya anak bisa mengunyah dengan nyaman dan optimal. Selain itu, sama halnya dengan karies pada gigi permanen orang dewasa, karies pada gigi susu anak pun akan menimbulkan keluhan dan ketidaknyamanan pada anak. Hal ini dapat membuat anak rewel, sakit, dan sulit makan. Bisa juga terjadi abses (seperti bisul yang berisi nanah) pada gusi di sekitar gigi yang berlubang akibat infeksi gigi yang menjalar hingga ke jaringan lunak di sekitar gigi.

Dan yang terpenting adalah gigi susu ini berperan penting untuk panduan pertumbuhan gigi permanennya. Jika gigi susu tanggal sebelum waktunya, maka gigi permanen akan kehilangan panduan untuk tumbuh, dan dapat menyebabkan susunan gigi permanennya nanti tidak bagus. 

Jadi sebaiknya gigi tersebut harus tetap dirawat, dan tidak dicabut. Biarkan gigi goyang secara alami, dimana mahkota gigi permanen yang akan tumbuh akan mendesak akar gigi susu sehingga gigi susu menjadi goyang, barulah gigi susu tersebut dicabut. Kecuali pada kondisi dimana gigi permanen sudah tumbuh namun gigi susunya masih ada, maka gigi susu harus segera dicabut supaya tidak mengganggu pertumbuhan gigi permanennya.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg.Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar