Sukses

Benjolan payudara, ganaskah?

17 Feb 2010, 18:00 WIB
Wanita, 26 tahun.
dok saya mau tanya, di payudara saya ada benjolan sebesar kelereng, tp enggak sakit dan besarnya pun gak brtambah. dah lama semenjak saya gadis sampai saya menikah kira2 ada 8 thn,. brbahaya gak dok,.. oh ya ciri2 penyakit kanker payudara gimana,.( perempuan, 26 thn,170 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda akan gejala yang dialami. Setiap benjolan pada payudara harus selalu diwaspadai. Setiap benjolan disebut dengan tumor, dan jenis tumor ada dua yaitu jinak ataupun ganas.

Pada tumor jinak payudara, ukuran benjolan umumnya menetap dan jika membesar terjadi dengan perlahan, benjolan dapat digerakkan dan permukaannya licin. Sedangkan pada tumor ganas payudara, benjolan membesar dengan cepat disertai rasa nyeri, kemerahan, dan keluar cairan dari puting susu. Juga bisa ditemukan kulit payudara dan puting susu yang tertarik ke dalam. Pada tahap lanjut bisa terbentuk luka pada benjolan disertai nanah dan bau akibat infeksi dan jaringan yang mati. Bila telah menyebar, bisa juga ditemukan benjolan pada payudara lain, ketiak, dan daerah sekitar leher, disertai rasa lemas dan sesak.

 

 

Pada perempuan berusia di bawah 30 tahun, benjolan tersebut kemungkinan besar merupakan tumor jinak yang disebut fibroadenoma mammae (FAM). Tumor ini terdiri atas gabungan antara jaringan kelenjar dan fibrosa. Fibroadenoma mammae (FAM) terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena peningkatan produksi hormon estrogen. Selain FAM, masih ada penyakit fibrokistik atau dikenal sebagai mammary displasia yang seringkali dialami oleh sebagian besar perempuan.

 

Pada usia muda seperti Anda jarang sekali didapatkan tumor ganas (kanker) pada payudara, terlebih benjolan sudah ada sejak 8 tahun yang lalu dan tidak mengalami perubahan ukuran. Namun kewaspadaan memang tetap harus ditingkatkan apabila terdapat riwayat kanker payudara di keluarga Anda. Tindakan yang paling sederhana adalah dengan melakukan 

 

 

 

SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri)

 

 secara periodik sebagai tindakan deteksi dini kanker payudara.

 

Bagaimanapun, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan setiap dugaannya. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis bedah untuk melakukan pemeriksaan ultrasonografi. 

Baik FAM ataupun kanker payudara pada umumnya memerlukan tindakan operasi untuk mengangkat massa tumornya. Sebagai alternatif untuk terapi FAM, dapat dilakukan cryotherapy, yaitu membekukan jaringan FAM dengan bantuan jarum (tanpa operasi). Perlahan jaringan yang dibekukan akan terserap dan mengecil dengan sendirinya.

Pada kanker payudara, selain operasi dapat ditambahkan kemoterapi dan terapi radiasi/radioterapi untuk meningkatkan keberhasilan terapi. Bagaimanapun, terapi yang dipilih akan disesuaikan dengan stadium kanker payudara yang dialami oleh seorang pasien.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar