Sukses

Obat antivirus pada herpes zoster

16 Oct 2014, 16:14 WIB
Wanita, 10 tahun.
keponakan saya kelas 3 SD terkena herpes,,apakah aciclovir saja bisa menyembuhkan? apakah penyakit tersebut menular.herpesnya ada di punggung sebelah kanan hingga ke ketiak sebelah kanan.apa kira2 penyebabnya?benarkah gara2 dia sering mandi di sungaii?( perempuan, 10 thn,135 cm,22 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Tampaknya jenis herpes yang terdapat di punggung dan meluas hingga ke bagian ketiak kanan termasuk jenis herpes zoster. Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh reaktivasi virus varisela-zoster dan menyerang kulit, mukosa, serta saraf. Karena ini merupakan reaktivasi virus varicella-zoster, maka seseorang yang terkena herpes zoster umumnya sebelumnya sudah pernah terkena cacar air. Gambaran herpes zoster berbeda dengan cacar air, karena pada herpes zoster nampak ruam yang berkumpul sesuai dengan dermatom syaraf disertai dengan nyeri. Rasa terbakar umumnya timbul beberapa hari lebih dulu daripada ruam dan dapat bertahan hingga beberapa bulan meskipun ruam mulai menghilang. 

 

Sumber:http://www.lifespan.org/adam/graphics/images/es/19687.jpg

Tidak benar jika mengaitkan penyakit ini dengan sering mandi di sungai, karena virus dapat berada di mana saja dan mengenai siapa saja, terutama mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat sembuh sendiri (self limiting disease) dalam jangka waktu beberapa hari asalkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat. 

 

 

Obat antivirus yang diberikan untuk diminum 5x/hari ditujukan untuk mempercepat fase penyembuhan penyakit dengan mematikan virus tersebut. Obat tersebut bekerja lebih efektif jika dimulai dalam waktu 72 jam setelah timbul ruam. Apabila Anda tidak meminum antivirus, maka kesembuhan yang akan terjadi mengandalkan daya tahan tubuh Anda. Apabila hanya mengandalkan daya tahan tubuh, maka kesembuhan terjadi dalam hitungan hari sampai minggu. Selain antivirus, obat kortikosteroid oral (diminum) biasa ditambahkan untuk mengatasi nyeri saat terjadi herpes zoster dan postherpetic neuralgia (nyeri sisa pasca penyembuhan herpes zoster).

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

 

 

 

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar