Sukses

Cara Terjadinya Kehamilan

10 Feb 2010, 12:19 WIB
Wanita, 22 tahun.
dok...saya mau tanya...waktu berhubungan si wanita tidak mengalami ejakulasi tp si pria iya....apakah hal ini dapat memungkinkan untuk hamil????apakah sel telur dan sel sperma sama2 mencari ato hanya sel sperma aja????dan walaupun tidak ejakulasi apakah sel telur akan keluar???( perempuan, 22 thn,135 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kehamilan terjadi akibat adanya pembuahan sel telur wanita oleh sperma pria. Meskipun wanita tidak atau hanya sedikit mengeluarkan cairan vagina, namun kemungkinan untuk terjadi kehamilan selalu ada selama sperma yang terkandung di dalam cairan ejakulat pria dilepaskan di dalam vagina wanita. Sperma tetap dapat berenang mencapai saluran reproduksi wanita dengan bantuan cairan semen yang dikeluarkan oleh pria. Normalnya, setiap ml cairan ejakulasi mengandung sekitar 20 juta sperma. Sperma-sperma tersebut akan berlomba-lomba untuk masuk saluran reproduksi wanita dan membuahi satu buah sel telur.

Sel telur normalnya selalu dilepaskan satu kali setiap bulan oleh indung telur (ovarium) wanita. Pelepasan sel telur ini diatur oleh hormon reproduksi wanita. Sel telur tidak setiap saat dilepaskan dari ovarium, namun sel telur ini hanya dilepaskan pada masa subur wanita (saat ovulasi), yaitu sekitar 14 hari sebelum jadwal menstruasi berikutnya. Sel telur akan bergerak dari indung telur menuju rahim melalui saluran telur (tuba falopi) untuk dibuahi oleh sperma.


Sumber : http://vyanrh.files.wordpress.com/2009/10/ovum-cyclus2.jpg

Sel telur hanya hidup selama 24 jam. Jika tidak ada sperma yang membuahi sel telur dalam 24 jam tersebut, maka sel telur akan mati. Sel telur yang tidak dibuahi akan di keluarkan bersama dengan darah menstruasi setiap bulannya. Jika sel telur dibuahi oleh sperma, maka hasil pembuahan akan menempel pada dinding rahim dan tumbuh berkembang menjadi janin di dalam rahim.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar