Sukses

Vagina Kemerahan dan Panas?

20 Oct 2014, 03:06 WIB
Wanita, 33 tahun.
Selamat siang Dok, Saya ingin menanyakan. Ada bintik2 kecil dalam vagina saya, bukan di daerah luar tapi sudah di daerah dalam. Kulit vagina agak kemerahan.Bila di sentuh pakai jari tangan terasa panas. Saya tidak mengalami keputihan. Apa ini masuk kategori PMS Dok ? Terimakasih atas bantuannya.( perempuan, 33 thn,150 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

 

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Dilihat dari gejalanya, mungkin anda mengalami vaginitis, yaitu suatu peradangan pada vagina. Vaginitis dapat terjadi akibat beberapa hal, antara lain:

  • Infeksi. Sekitar 90% kasus vaginitis pada wanita yang telah melakukan hubungan seksual disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur ataupun parasit. Vaginitis akibat infeksi biasanya disertai dengan keluarnya lendir dari vagina (keputihan) yang memiliki gambaran berbeda-beda tergantung penyebabnya. Infeksi ini ditularkan melalui hubungan seksual, karenanya termasuk ke dalam golongan penyakit menular seksual (PMS)
  • Terjadinya perubahan hormonal dalam tubuh. Biasanya terjadi pada wanita setelah melahirkan, setelah menopause atau perempuan sebelum pubertas, dimana kadar estrogen dalam tubuh rendah. Biasanya hanya disertai pengeluaran sedikit cairan vagina, atau terkadang bahkan vagina terasa kering
  • Iritasi atau alergi akibat pemakaian kondom, zat spermisida, sabun, pembersih vagina, lubrikan, dan lain-lain.
  • Adanya benda asing dalam vagina, seperti adanya tampon atau kondom yang tertinggal dalam vagina sehingga menimbulkan vaginitis yang disertai keluarnya lendir vagina yang bau.

Apakah anda pernah memiliki riwayat menggunaan beberapa zat kimia seperti lubrikan, spermisida, sabun, cairan pembersih vagina atau menggunakan kondom? Jika ya, mungkin peradangan vagina yang terjadi pada diri anda disebabkan oleh timbulnya iritasi atau alergi terhadap benda-benda tersebut. Hindarilah penggunaan benda-benda tersebut selama vagina anda masih meradang. Untuk mengatasi iritasi yang terjadi dapat digunakan krim yang mengandung kortison. Disamping itu, penggunaan obat antihistamin juga dapat digunakan bila vaginitis anda dipicu oleh alergi. Namun demikian, penggunaan obat-obatan tersebut harus berada di bawah pantauan dokter agar tidak menimbulkan efek samping lain yang tidak diinginkan akibat penggunaan obat yang tidak sesuai. Karena itu, kami sarankan agar anda memeriksakan diri anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan bahwa peradangan vagina anda tidak disebabkan oleh infeksi. Pengobatan akan diberikan sesuai dengan hasil pemeriksaan tersebut.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar