Sukses

Hamil Namun Tetap Menstruasi?

16 Oct 2014, 09:48 WIB
Wanita, 26 tahun.
dokter, siklus haid saya 26 hari u/bln ini tgl 4. sminggu sblm datang haid,saya mengalami mual2 dan rasa sakit pada payudara. sampai haid saya selesai, rasa mual dan sakit itu tidak jg berkurang. apakah bisa terjadi wanita hamil tetapi jg mengalami menstruasi biasa? trimakasih dokter( perempuan, 26 thn,157 cm,44 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kehamilan dapat terjadi karena sel sperma berhasil membuahi sel telur. Selanjutnya hasil pembuahan tersebut akan melekat pada dinding rahim dan memulai pertumbuhan dan perkembangannya menjadi janin di dalam rahim. Pada tahap awal, kehamilan akan dijaga oleh hormon beta-HCG. Hormon inilah yang menimbulkan gejala-gejala tidak pasti dari kehamilan, seperti mual, muntah, dan tes kehamilan menjadi positif. Namun, jika hormon ini tidak mampu mempertahankan kehamilan dengan baik atau akibat adanya kelainan pada hasil pembuahan sehingga kehamilan tidak dapat dipertahankan lagi, maka dinding rahim akan meluruh disertai dengan perdarahan seperti yang terjadi pada menstruasi. Karena itu, kalaupun memang gejala-gejala yang anda alami sebelumnya merupakan tanda-tanda kehamilan, namun dengan terjadinya menstruasi menunjukkan bahwa telah terjadi peluruhan dinding rahim dan hasil pembuahan anda, sehingga kehamilan anda sudah tidak dapat dipertahankan.

Namun sebenarnya gejala-gejala yang anda alami, yaitu mual dan sakit payudara, tidak hanya disebabkan oleh kehamilan. Kedua gejala tersebut hanyalah gejala tidak pasti dari kehamilan. Anda baru dapat yakin bahwa anda hamil jika hasil tes urin menunjukkan hasil positif dan pada pemeriksaan USG terlihat adanya kantung kehamilan dan janin di dalamnya. Karena itu, masih mungkin bahwa keluhan keluhan anda disebabkan oleh penyebab lain di luar kehamilan. Untuk itu, kami sarankan agar anda memeriksakan diri ke dokter untuk mencari penyebab timbulnya keluhan anda.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

 


    0 Komentar

    Belum ada komentar