Sukses

Rajin gosok gigi masih bau mulut

09 Feb 2010, 14:20 WIB
Wanita, 19 tahun.
mengapa bau mulut tetap terjadi,padahal saya sudah rajin menggosik gigi dan memakai obat kumur( perempuan, 19 thn,155 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdri. yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Bau mulut tidak serupa dengan penyakit pada umumnya yang dapat disembuhkan dengan konsumsi obat-obatan tertentu. Untuk mengatasi bau mulut perlu ditelusuri dulu penyebabnya. Penyebab yang paling umum dari bau mulut adalah kebersihan mulut yang buruk, yaitu adanya lubang pada gigi dan akumulasi plak dan karang gigi. Bau mulut tak sedap disebabkan adanya gas mengandung sulfur yang merupakan hasil metabolisme bakteri. Jadi yang perlu diperhatikan sebagai langkah awal mengurangi bau mulut adalah memilih untuk menghindari makanan yang kaya sulfur seperti bawang putih misalnya.

Selain itu faktor lokal yaitu kondisi gigi dan mulut perlu diperhatikan. Penyikatan gigi harus dilakukan dengan benar, dan lidah jangan lupa ikut disikat karena permukaan lidah juga merupakan tempat bakteri berkoloni. Penyikatan gigi saja tidak cukup, terutama bila gigi Anda berjejal (tumpang tindih) sehingga sela-sela gigi sulit dibersihkan, jadi pembersihannya harus dibantu dengan dental floss. Saliva (air liur) juga berperan, jadi perlu Anda cermati bagaimana produksi air liur Anda apakah mulut sering terasa kering. Faktor psikologis seperti stress juga berperan dalam menyebabkan mulut kering, dan menyebabkan bau mulut.

Topik bau mulut sudah sangat sering dibahas, ada baiknya Anda mencoba untuk membaca arsip e-konsultasi dan tips sehat yang berhubungan dengan bau mulut. Anda dapat masukkan kata kunci bau mulut atau halitosis pada Pencarian website Klikdokter yang terletak di sudut kanan atas halaman depan.

Bila memang ada gigi Anda yang berlubang, atau banyak karang gigi, ada baiknya Anda periksakan diri ke dokter gigi secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan secara seksama dan dapat diambil langkah-langkah selanjutnya.

Demikian yang dapat Saya sampaikan, terima kasih atas kesetiaan Anda menggunakan fitur e-konsultasi Klikdokter.

Drg. Martha Mozartha
Pengasurh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar