Sukses

Kuatkah tambalan saya?

18 Feb 2010, 11:19 WIB
Wanita, 23 tahun.
dok, saya tambal di puskesmas hari ini. tambal permanen setelah seminggu yang lalu tambal sementara. katanya bahan yang untuk tambalannya adalah molar, itu kuat gak? terus setelah di tambal ga dikeringin tp jangan makan selama 2 jam tp anehnya kok agak menyusut. kemudian kelihatan ada 2 lubang sebesar jarum yang semula tidak kelihatan jadi kelihatan. apakah bahan tadi larut dok/? makasih( perempuan, 23 thn,155 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdri. yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Memang ada beberapa bahan tambal yang pada merk-nya mengandung kata-kata molar seperti yang Anda ceritakan (molar sendiri berarti gigi geraham).  Sayangnya merk yang Anda sebutkan kurang lengkap maka tidak bisa dipastikan apa sebetulnya jenis bahan tambal tersebut, namun umumnya merupakan bahan semacam semen kedokteran gigi atau bahan resin komposit yaitu tambalan yang disinar.

Semen kedokteran gigi sebetulnya kurang kuat bila digunakan untuk permukaan kunyah gigi molar, karena bahan tersebut kelarutannya cukup tinggi dan kekuatan tidak begitu tinggi dibandingkan tambalan amalgam atau resin komposit yang khusus untuk gigi belakang. Dengan sifat-sifatnya tersebut, bahan tambal tersebut kurang dapat bertahan lama di dalam mulut, dan lebih besar.kemungkinan untuk terjadi kebocoran bahan tambal yang dapat mengakibatkan terjadinya karies sekunder di bawah tambalan.

Untuk mengantisipasi hal ini, periksakan gigi tersebut secara berkala, misalnya 3-6 bulan sekali, jika perlu ke dokter gigi lain untuk mendapatkan second opinion apakah tambalan perlu dibongkar dan diganti dengan bahan tambal yang lebih kuat.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar