Sukses

Menentukan Masa Subur

20 Oct 2014, 08:19 WIB
Wanita, 22 tahun.
dok.....terima kasih atas jawaban dokter....saya masi bingung dok??/terakhir saya haid tanggal 5 feb 2010 trus masa subur'a tgl brapa????( perempuan, 22 thn,135 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

 

Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid Anda dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi anda berlangsung teratur selama 28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu.   

 

Dari informasi yang anda berikan dikatakan bahwa haid terakhir anda tanggal 5 febuari, apakah itu adalah hari pertama haid terakhir anda atau hari berakhirnya haid terakhir anda? Hari pertama suatu siklus menstruasi dihitung sejak hari pertama anda mendapatkan haid. Jika siklus menstruasi anda teratur selama 28 hari dalam 6 bulan terakhir, dan tanggal 5 febuari adalah hari pertama haid terakhir anda, maka kemungkinan ovulasi anda akan terjadi pada tanggal 19 febuari. Namun, karena tanggal tersebut hanyalah tanggal perkiraan berdasarkan perhitungan, akan lebih baik jika anda melakukan hungan seksual setiap hari sejak 3 hari sebelum hingga 3 hari sesudah  tanggal tersebut, yaitu sejak tanggal 17 febuari-21 febuari. Tentu saja hal ini hanyalah merupakan pedoman dan tidak dapat dipastikan 100% bahwa hanya di tanggal-tanggal tersebut Anda subur.

 

Tidak semua orang memiliki siklus menstruasi yang teratur. Jika siklus menstruasi anda tidak teratur, anda dapat memperikirakan masa subur anda  dengan beberapa cara lain,antara lain :

 

1.      Dengan menilai peningkatan suhu badan di pagi hari. Saat terjadi ovulasi suhu badan akan meningkat lebih tinggi daripada biasanya. Karena itu, catatlah suhu badan anda setiap pagi, ketika masih di tempat tidur dan belum melakukan aktifitas apapun. Saat dimana terjadi peningkatan suhu tubuh (tidak terlalu tinggi, namun lebih tinggi dari rata-rata setiap hari), diperkirakan saat itu adalah masa subur anda.

 

2.      Dengan menilai lendir yang keluar dari vagina. Saat anda berada pada masa subur, vagina anda akan mengeluarkan lendir yang bening, licin,  lengket dan tidak berbau. Lendir tersebut dapat meregang cukup panjang dan tidak terputus.

 

Lakukanlah hubungan seksual saat terdapat tanda-tanda tersebut, yang menunjukkan bawaha anda sedang berada pada masa subur. Dengan demikian, kemungkinan anda untuk mendapatkan keturunan akan lebih besar.

 

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)

 

Salam,

 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar