Sukses

Pipi bengkak setelah minum obat

18 Oct 2014, 20:00 WIB
Pria, 18 tahun.
Dear, KlikDokter, saya mengalami sakit gigi pada gigi yang sudah ditambal.... awalnya gigi yang ditambal sudah 6 tahun yang lalu, tetapi kemarin tiba" sakit.... lalu di anjurkan minum Obat AMOXSAN 500mg & Ponstan 500mg.... hasilnya memang sakit gigi saya hilang, tetapi keesokannya pipi saya membengkak... tolong bantuin untuk yang tepat mengatasi sakit gigi yang pada gigi berlubang & pipi yang membengkak. lalu 1 hal perlu di tanya, apa selama gigi masih sakit tidak boleh di cabut? Mohon Bantuannya, Terima Kasih.( laki-laki, 18 thn,170 cm,80 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdr. yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Berdasarkan keterangan Anda, saya berasumsi bahwa Anda mengalami abses alveolar (abses=seperti bisul yang berisi nanah) akibat infeksi bakteri yang berawal dari karies gigi Anda. Kemungkinan besar tambalan pada gigi tersebut kondisinya sudah kurang bagus dan mengalami kebocoran, sehingga bakteri dapat kembali masuk melalui celah mikroskopis tersebut dan menyebabkan infeksi sekunder di bawah tambalan.

Apakah Anda sudah memeriksakan diri ke dokter gigi, dan siapa yang menganjurkan untuk meminum obat yang Anda sebutkan? Pada kasus dimana kerusakan mahkota gigi masih dapat direstorasi, gigi tersebut sebisa mungkin dipertahankan dalam mulut, dan pencabutan adalah pilihan perawatan yang terakhir. Obat yang Anda minum dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit dan mengobati infeksi, namun tidak menyelesaikan masalah secara tuntas, karena gigi tersebut harus dirawat. yaitu dengan perawatan saluran akar (perawatan syaraf). Tujuannya untuk mensterilkan gigi dan jaringan lunak dari bakteri penginfeksi, namun perawatan ini umumnya memang tidak selesai dalam satu kali kunjungan sehingga dibutuhkan kerja sama dan kedisiplian pasien. Setelah itu gigi baru direstorasi, jenis restorasi bergantung pada kondisi giginya tapi umumnya dibuatkan mahkota tiruan dari porselen.

Bila gigi tersebut memang indikasi untuk pencabutan karena sudah tidak dapat dipertahankan, maka gigi dapat dicabut setelah dokter gigi melakukan pemeriksaan menyeluruh. Artikel mengenai hal ini sudah pernah dimuat di klikdokter, silakan Anda baca selengkapnya dengan mengklik https://www.klikdokter.com/column/detail/65.

Jika masih ada yang kurang jelas dan ingin Anda tanyakan silakan layangkan kembali pertanyaan Anda ke redaksi kami. Semoga cepat sembuh.

 

Drg.Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut

    0 Komentar

    Belum ada komentar