Sukses

Saya diabetes?

15 Feb 2010, 11:49 WIB
Wanita, 32 tahun.
Dok, saya takut kena diabetes, karena gejala2 nya kok mirip. Saya masih menyusui, anak saya 20 bulan, akhir2 ini (mungkin 3bulan lebih, kurang ingat) sering2 lapar, makan terus, tp berat kok turun. Kalo malam mulut kering seali, kadang pipis 1 kali, minum juga banyak. saya periksakan gula darah puasa 92, gula darah 2 jam setelah puasa 116, harus nya normal kan.. kenapa ya dok... trus satu lagi, kadang badan saya punggung, perut, ato lengan suka gatal2 tanpa sebab, gak di gigit nyamuk dll.. Minta pencerahannya dok.. Makasih ( perempuan, 32 thn,165 cm,56 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Gejala utama diabetes memang 3P (poliuri, polidipsi, polifaghia) atau banyak makan, cepat haus, dan berkemih > 3 kali di kala tidur. Namun mungkin Anda harus ingat bahwa Anda saat ini sedang menyusui. Seorang ibu yang menyusui akan mudah lapar dan haus dikarenakan membutuhkan nutrisi lebih besar untuk memberikan ASI bagi buah hatinya. Berat badan pun secara otomatis menurun karena Anda menyusui. Apabila memang Anda memiliki keturunan diabetes, akan lebih baik apabila Anda melakukan pemeriksaan rutin 1 tahun sekali.

Gatal tanpa sebab mungkin saja disebabkan karena alergi atau kulit Anda yang terlalu sensitif. Ada baiknya apabila Anda rajin membersihkan tubuh, memakai lotion pelembab, menjaga kebersihan daerah sekitar Anda (tempat tidur, seprai, sofa, korden), dan menghindari faktor pencetus alergi (apabila ada).

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar