Sukses

Kista sebabkan gangguan kesuburan?

15 Feb 2010, 11:18 WIB
Wanita, 24 tahun.
met siang tim dokter! apakah ciri2 seorang terkena penyakit kista???? siklus haid saya tidak teratur, biasanya mencapai 35 hari dan tak jarang lebih dari itu. kemaren siklus haid saya mencapai dua bulan, dan ketika awal menstruasi saya merasakan sakit yg luar biasa diperut saya, sampai saya berobat kedokter.sebelumnya saya adalah wanita yg sudah menikah +- 8 bulan tapi belum juga hamil. mengingat siklus haid saya yg tidak teratur, dan dan rasa sakit ketika haid spt kemaren (baru 2 kali sy alami), saya takut mengidap penyakit tsb. mohon beri penjelasannya. terima kasih. ( perempuan, 24 thn,150 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kondisi Anda saat ini disebut dengan oligomenorea yaitu siklus menstruasi lebih dari 35 hari. Siklus haid melebihi 35 hari disebut oligomenorea yang umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan keadaan ini, antara lain adalah pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama, pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia), obesitas, stres psikologis, aktivitas berlebih seperti atlit, gangguan indung telur, kekurangan vitamin K, penggunaan obat-obatan tertentu, kelainan pembekuan darah, gangguan hormon tiroid, dsb.

Umumnya hal ini tidak menyebabkan masalah, namun apabila terdapat suatu keluhan terutama berhubungan dengan gangguan kesuburan, disarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Nyeri ketika menstruasi yang sangat menganggu aktivitas mungkin saja disebabkan oleh Endometriosis. Endometriosis mungkin saja dapat berpengaruh kepada kesuburan. Kista sendiri apabila tidak besar dan tidak terpuntir umumnya tidak menimbulkan gejala atau keluhan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar