Sukses

Penguapan pada anak batuk?

20 Oct 2014, 08:08 WIB
Wanita, 28 tahun.
Dok, anak saya 5,5 bln skrg ini lagi batuk. sy sudah bawa kedokter kemudian dokter ksh obat bisolvon dan obat racik antibiotik nya. kemudian dokter anak saya menyuruh anak saya agar di UAP. yg ingin saya tanya kan apakah anak saya harus di UAP? kalau tidak di UAP efek nya apa? terima kasih ( perempuan, 28 thn,167 cm,49 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Tindakan penguapan dilakukan dengan cara memasangkan masker yang menutupi mulut dan hidung anak Anda. Uap yang keluar dari masker tersebut diharapkan dapat dihirup oleh anak dan masuk melalui hidung maupun mulut. Uap tersebut berasal dari obat tetes yang mengandung obat jenis bronkodilator ( pelebaran saluran pernafasan) dan mukolitik (pengencer dahak). Tujuannya adalah untuk melegakan pernafasan dengan cara merangsang pengeluaran dahak.

Umumnya pada anak kecil yang sakit batuk, terdapat dahak dalam saluran pernafasannya yang sulit dikeluarkan. Batuk sendiri merupakan usahanya untuk mengeluarkan dahak. Namun otot dada anak masih belum sekuat dewasa,sehingga dahak menjadi lebih sulit dikeluarkan, terlebih jika dahak sangat kental.

Tindakan penguapan tentunya juga harus memperhatikan keadaan setiap anak. Jika tampak tidak terlalu berat, tidak masalah jika tidak diberikan penguapan. Namun, jika anak tampak sulit bernafas akibat batuk dan dahak yang bersarang, akan lebih baik jika dibantu dengan penguapan.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

Salam,

Redaksi Klikdokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar