Sukses

Perlukah insulin untuk ibu hamil?

04 Feb 2010, 15:40 WIB
Wanita, 35 tahun.
Siang dok... Saat ini saya sedang hamil 31 mg (anak kedua). Seminggu yang lalu saya cek gula darah puasa & setelah puasa (GTT). Hasilnya GTT puasa 126 & GTT setelah puasa 196. Dari dr kandungan saya dirujuk ke dr penyakit dalam untuk menurunkan kadar gula darah saya. Oleh dr penyakit dalam saya tidak diberi obat, hanya diet saja. 2 mg lagi saya tes gula darah lagi. Apabila masih tinggi saya harus suntik insulin. Di keluarga saya, ibu & nenek dari pihak ayah menderita diabetes. Yang menjadi pertanyaan saya : 1. apakah tidak ada terapi lain selain suntik insulin? Karena saya takut jarum & ternyata suntik itu pun harus dilakukan sendiri. 2. Waktu saya melahirkan anak saya yang pertama, berat lahirnya 4050 gr. Dengan kondisi ini, apakah saya sudah pasti terkena DM? ( perempuan, 35 thn,153 cm,85 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

GTT (Glucose Tolerance Test) atau Tes Toleransi Glukosa merupakan salah satu cara untuk mendiagnosis adanya diabetes dalam kehamilan. Menurut WHO, jika GTT >126 mg/dL  dan GTT 2 jam >140 mg/dL harus diwasdapai akan terjadinya diabetes dalam kehamilan. Namun, terapi pertama yang diberikan pada ibu hamil yang mengalami diabetes dalam kehamilan memang berupa diet dahulu. Jika setelah pemeriksaan GTT yang ke-2 tidak mengalami perbaikan, maka harus ditangani dengan  suntik insulin. Tindakan yang Anda lakukan sudah cukup tepat, agar diabetes dapat diketahui lebih awal, ditangani dengan baik sehingga dapat dihindari kelainan-kelainan yang mungkin terjadi pada bayi Anda kelak.

Suntik insulin merupakan terapi yang paling aman untuk janin jika tidak berhasil dengan diet. Memang, pada penderita diabetes lainnya yang sedang tidak mengalami kehamilan dapat mengonsumsi obat diabetes minum. Namun, khusus untuk ibu hamil obat diabetes minum tersebut tidak dapat digunakan karena obat-obat tersebut dapat melalui plasenta, merangsang pankreas janin, dan menyebabkan hiperinsulinemia (kelebihan insulin) pada janin.Jangan khawatir, karena jarum suntik insulin untuk dipakai sendiri tidak seperti jarum suntik pada umumnya. Lebih menyerupai pena dengan jarum yang sangat tipis dan pendek. Sebelum berpikiran lebih jauh, coba lakukan diet sesuai anjuran dokter. Kami memiliki artikel mengenai Diabetes Dalam Kehamilan yang juga berisikan cara-cara berdiet untuk penderita Diabetes. Silahkan klik kiri link berikut
https://www.klikdokter.com/illness/detail/124

Sedangkan mengenai kondisi Anda saat melahirkan anak yang pertama dengan berat lahir 4050 gr memang tentu dicurigai mengalami diabetes, tapi untuk memastikannya harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Bayi besar >4 kg (makrosomia) merupakan salah satu komplikasi dari ibu yang diabetes.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar