Sukses

Bau mulut tapi tidak ada masalah gigi

04 Feb 2010, 10:35 WIB
Wanita, 30 tahun.
saya mau tanya, apalah struktur lidah dapat berubah kalo kita sering makan panas dan pedas? karena saya punya sodara mulutnya bau terutama jika berbicara. dia juga sdh sering pergi kedokter gigi untuk diperiksa apakah ada gigi yg bolong atau tidak? dan tnyata tidak ada yg bolong.. dia juga sdh ke tht karena takut ada sinus atau massa, sdh dilakukan CT scan dan ternyata tidak ada tanda kesana. kira" apalg permasalahannya ya dok? terima kasih banyak dok..( perempuan, 30 thn,155 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,
Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kemungkinan terbesar penyebab bau mulut berasal dari dalam rongga  mulut itu sendiri, meski ada juga kondisi di bagian tubuh lain yang dapat menyebabkan bau nafas tak sedap.

Secara singkat saya akan menyinggung sedikit bahwa bau mulut berasal dari gas sulfur (volatile sulfur compound) yang merupakan hasil metabolisme bakteri. Bakteri merupakan flora normal dalam mulut, jumlahnya sangat banyak, dan berakumulasi hampir seluruh permukaan yang terdapat di rongga mulut baik di jaringan keras maupun lunak. Jenis bakteri yang ada dalam mulut sangat banyak dan di antaranya ada yang bersifat patogen (menyebabkan patogen) dan oportunistik patogen.

Jadi sumber bau mulut tidak hanya gigi. Pada kebersihan mulut yang tidak terjaga dimana terdapat akumulasi plak, karang gigi, sisa makanan yang terjebak di sela gigi, dan permukaan lidah yang kotor karena  tidak pernah ikut dibersihkan, semua itu dapat menjadi sumber bau mulut karena bakteri banyak berkoloni di tempat-tempat tersebut.

Selain itu, perlu juga diperiksa bagaimana kondisi saliva (air liur ) pasien. Saliva  berperan sangat penting bagi kesehatan rongga muldiantaranya self-cleansing (membilas rongga mulut), buffering (menjaga tingkat keasaman rongga mulut, karena suasana asam sangat kondusif bagi bakteri), proteksi (saliva mengandung banyak sekali mineral yang mencegah karies, dan antimikroba (enzim dan zat lain yang terkandung dalam saliva berfungsi untuk melawan bakteri). Jadi kalau aliran ataupun produksi saliva menurun, jumlah saliva menjadi berkurang dan menyebabkan mulut kering dan makin memperparah bau mulut. Coba minta saudara Anda untuk meludah dan lihat apakah air liurnya kental atau encer, dan apakah saudara Anda sering merasa mulutnya kering. Bila ya, sarankan saudara Anda untuk memperbanyak minum air putih, dan ada baiknya memeriksakan diri ke dokter gigi spesialis penyakit mulut (drg. Sp.PM) untuk memastikan apakah ada kondisi yang abnormal atau patologis dalam mulut yang dapat menyebabkan bau mulut, dan bila perlu dapat dilakukan pemeriksaan penunjang bila didapati suatu kondisi yang mencurigakan dari pemeriksaan klinis.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar