Sukses

Bolehkah menyusui selama hamil?

03 Feb 2010, 13:57 WIB
Wanita, 26 tahun.
DOKTER, SAYA SEKARANG LAGI HAMIL 7 BULAN, ANAK YG KE-2, SEDANGKAN ANAK YG KE-1 MASIH UMUR 21 BULAN DAN MASIH MINTA ASI. YG SAYA MAU SAYA TANYAKAN ADALAH : - APAKAH EFEK DARI MENYUSUI SAAT HAMIL? MOHON PENJELASANNYA DOK. TERIMA KASIH( perempuan, 26 thn,160 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Selamat atas kehamilan Anda yang kedua! Meskipun saat ini Anda kembali diberikan anugerah, jangan lupa untuk tetap selalu berikan yang terbaik pada anak pertama Anda. Menyusui saat hamil tetap dapat dilakukan selama Anda dapat mengonsumsi makanan yang sehat dan minum dalam jumlah cukup, ditambah vitamin yang dibutuhkan selama kehamilan.

Selama kehamilan, kandungan air susu dapat berubah sehingga berefek pada perubahan rasa dan produksi nya dapat menurun. Umumnya, anak pertama dengan sendirinya akan menyadari dan tidak mau disusui lagi.

Sementara itu selama kehamilan, seringkali ibu merasa kurang nyaman akibat puting susu dan payudara yang menjadi nyeri. Tentunya rasa tidak nyaman ini menjadi bertambah ketika sedang menyusui. Belum lagi rasa lelah yang sering terjadi selama kehamilan. Tentunya keadaan ini mengharuskan ibu memiiki seseorang yang dapat terus memberikan dukungan untuk terus menyusui selama kehamilan ataupun berencana untuk menyusui kedua bayi jika bayi ke-2 telah lahir, seperti suami atau keluarga.

Menyusui dapat merangsang terjadinya kontraksi uterus (rahim). Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kontraksi uterus yang terjadi ketika menyusui sangat kecil kekuatannya jika dibandingkan dengan kekuatan kontraksi yang dibutuhkan untuk menimbulkan terjadinya persalinan. Meskipun begitu, jika Anda memiliki riwayat persalinan prematur, sebaiknya berhati-hati.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar