Sukses

Usia 13 bulan gigi belum tumbuh

19 Oct 2014, 17:28 WIB
Wanita, 31 tahun.
Dok, saya mau tanya..anak saya laki-laki umur 13 bulan tapi kok belum tumbuh gigi ya? normal kah ? apa karena kekurangan kalsium? kalo iya, vitamin/obat apa yang boleh diberikan? Mohon sarannya. thanks. ( perempuan, 31 thn,165 cm,64 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Waktu pertumbuhan gigi sulung pada anak sebetulnya bervariasi dan dipengaruhi terutama oleh faktor genetik. Rata-rata, bayi yang normal saat berusia 12 bulan keenam gigi depannya sudah tumbuh, namun ini tidak menjadi patokan dan bukan berarti bila belum tumbuh maka berarti anak tidak normal. Status gizi ibu saat hamil dan gizi anak setelah lahir juga turut mempengaruhi, selain itu ada juga penyakit-penyakit berat yang diderita ibu saat hamil yang menyebabkan gangguan tumbuh-kembang gigi anak. Meski presentase kejadiannya tidak begitu besar, penundaan pertumbuhan gigi sulung juga dapat disebabkan karena kondisi yang diderita anak, misalnya hipopituitari (gangguan fungsi kelenjar hipofisis), atau hipotiroidisme. Bisa juga benih gigi memang tidak ada karena gangguan tumbuh kembang.

Bagaimana dengan pola makan anak selama ini?Jika anak Anda terbiasa diberi makanan yang lunak,coba mulai berikan makanan yang lebih bervariasi dan sedikit demi sedikit dibiasakan makan makanan yang lebih keras. Misalnya kalau selama ini hanya diberi biskuit bayi, bisa mulai diberi bubur yang diblender dicampur dengan sayur-sayuran dan daging. Pada intinya makanan yang lunak kurang menstimulasi pertumbuhan gigi dan tulang rahang pada anak, justru harus dibiasakan makanan yang sedikit keras. Boleh juga dibantu dengan mainan anak yang bisa digigit-gigit, tentunya dengan memperhatikan kebersihan mainannya dan harus sering dibersihkan.

Jika masih belum ada tanda-tanda sama sekali akan tumbuhnya gigi sulung anak Anda (garis putih di gusi yang agak keras saat diraba,anak rewel sering menangis dan menggigit-gigit benda apapun, dan terkadang disertai demam), ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi spesialis gigi anak (drg. Sp.KGA). Dengan pemeriksaan secara klinis dan wawancara yang lebih mendalam mengenai riwayat penyakit Anda kemungkinan dapat diketahui apakah ini kondisi normal atau ada kelainan tertentu yang harus segera diatasi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg.Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar