Sukses

Sikat gigi yang bagus kapan ya?

26 Jan 2010, 13:34 WIB
Pria, 42 tahun.
Dalam keluarga sdh terbiasa sikat gigi minimal 2x sehari, pagi dan malam. Namun saya pernah membaca artikel bahwa sikat gigi sebaiknya di lakukan sebelum makan, kalau setelah makan di kawatirkan justru akan menghambat enzim yg ada di gigi atau mulut. Hal ini membuat kami bingung, mana yg benar ? Mohon informasinya. Thanks( laki-laki, 42 thn,168 cm,67 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Untuk mendapatkan hasil yang optimal penyikatan gigi memang dilakukan pada saat yang tepat. Sikat gigi sebaiknya setelah selesai makan tapi harus diberi jarak sekitar 1/2-1 jam, terutama setelah makan makanan dengan kadar gula tinggi atau makanan yang asam.

Pada saat kita makan mulut kita berada dalam serangan asam. Artinya tingkat keasaman dalam mulut menurun, ditandai dengan penurunan pH yang signifikan setidaknya selama 5 menit setelah makan. Kondisi asam dapat membuat gigi mengalami erosi, oleh sebab itu penyikatan akan memperparah erosi yang terjadi, baik oleh aksi mekanik sikat gigi maupun oleh bahan abrasif yang terkandung dalam pasta gigi.  Oleh karena itu sebaiknya setelah makan tidak langsung sikat gigi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar