Sukses

sakit gigi saat sedang hamil 8 bln

19 Oct 2014, 08:49 WIB
Wanita, 28 tahun.
saya sedang hamil 8 bln, gigi graham saya berlubang dan sakit luar biasa. bahayakah buat janin saya kalo saya mengkonsumsi obat cataflam kalo lagi kambuh.sebagian orang bilang itu bawaan janin,benarkah mitos itu? apa yang harus saya lakukan dan hal itu tidak membahayakan janin saya? ( perempuan, 28 thn,156 cm,64 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,
Terima kasih atas pertanyaan Anda. Gigi berlubang yang sudah menimbulkan rasa sakit berdenyut secara spontan tanpa ada rangsangan apapun menandakan infeksi karies sudah mencapai rongga pulpa yang berisi pembuluh darah dan syaraf, dan harus dilakukan perawatan saluran akar (perawatan endodontik) terlebih, tidak boleh langsung ditambal biasa karena malah bisa terjadi abses. Dan masalah tidak akan selesai hanya dengan minum obat anti inflamasi, selama perawatan gigi belum dituntaskan maka infeksi bakteri terus berlanjut.

Mitos yang Anda sebutkan tidak sepenuhnya benar. Selama masa kehamilan, terjadi perubahan hormonal yang drastis dan turut memberikan dampak bagi kondisi gigi dan mulut sang ibu. Biasanya gusi ibu lebih mudah meradang dan berdarah, apalagi jika status kesehatan/kebersihan gigi dan mulut sebelum hamil memang buruk.

Mengingat kehamilan Anda sudah trimester ketiga, Anda tidak disarankan untuk menjalani perawatan gigi yang membuat Anda duduk di kursi gigi dalam waktu lama meski bukan berarti perawatan endodontik tidak dapat dilakukan. Namun yang harus diingat, perawatan endodontik membutuhkan pemeriksaan rontgen gigi, sedangkan rontgen gigi tidak dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil. Mengenai penggunaan obat, terutama pada wanita hamil, jangan mengkonsumsi obat sembarangan tanpa lebih dulu konsultasi ke dokter. Khusus untuk obat yang Anda tanyakan, obat tersebut tidak dianjurkan untuk wanita hamil dengan usia kehamilan pada 6 bulan terakhir.

Segera kunjungi dokter gigi Anda agar dapat dilakukan perawatan dan meredakan sakit serta infeksi gigi Anda dengan segera.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda
Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

    1 Komentar