Sukses

Gigi anak tumbuh renggang

19 Oct 2014, 22:19 WIB
Wanita, 35 tahun.
Sakit pada gigi Anak saya (6 thn) gigi tetapnya sudah tumbuh. Masalahnya gigi tetap yang atas tumbuhnya tidak rapat (renggang). Apakah gigi itu nantinya bisa rapat? Kalau tidak bisa rapat dan harus pakai kawat gigi, idealnya pasang kawat giginya di usia berapa? Terima kasih....( perempuan, 35 thn,153 cm,83 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,
Terima kasih atas pertanyaan Anda. Anak usia 6 tahun masih dalam tahap tumbuh kembang, salah satu tahapannya adalah seperti yang sedang dialami anak Anda, disebut "ugly duckling stage" dan merupakan kondisi yang wajar. Pada tahap ini, kedua gigi insisif (gigi seri) atas permanen sudah tumbuh dan tidak rapat. Seiring waktu, kedua gigi tersebut akan merapat dengan sendirinya yaitu pada saat gigi kaninus (gigi taring) atas permanen sudah tumbuh, kira-kira usia 11 tahunan.

Mengenai perawatan orthodontik pada anak-anak, yang terpenting adalah sang anak tidak dipaksakan untuk memakai kawat, dan sudah cukup "besar" (dalam artian mau bertanggung jawab) untuk memperhatikan kebersihan gigi dan mulutnya sendiri selama perawatan, dan cukup kooperatif terhadap perawatan mengingat rasa sakit yang mungkin akan dirasakan anak setiap habis aktivasi/kontrol pengencangan kawat ke dokter gigi, bila anak masih terlalu kecil dikhawatirkan anak akan menolak untuk melanjutkan perawatan karena rasa tidak nyaman yang dialaminya. Meski demikian perawatan ortho memang sebaiknya dilakukan pada saat anak masih dalam tahap tumbuh kembang, sekitar usia 11-12 tahun krn tulang masih relatif lunak, perawatan bisa lebih singkat. Banyak ahli yang mengatakan, sebaiknya anak dikonsultasikan ke dokter gigi spesialis anak (drg. Sp.KGA) sejak usia 7 tahun untuk mendeteksi kelainan posisi gigi dan skeletal secara dini.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg.Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar