Sukses

Cuek mengganggu wicara anak

19 Oct 2014, 07:40 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dear dok, selamat siang. Saya seorang ibu dari bayi laki-laki berusia 13 bulan, berat 10.7 kg panjang 75 cm. Secara umum saya perhatikan pertumbuhan anak saya mendekati sesuai dengan tahapan pertumbuhan bayi seusianya, seperti sudah bisa jongkok dan berdiri sendiri, sudah bisa memasukkan/mengeluarkan mainan dari kotak mainannya, berjalan masih tatah krn sepertinya anak saya masih belum berani jalan sendiri..yang ingin saya tanyakan adalah mengenai kemampuan bicaranya dan masalah tumbuh giginya. Di usia 13 bulan anak saya belum bisa mengucapkan satu kata utuh dan belum tumbuh gigi tapi gusinya sudah mengeras. Terkadang memang seperti terdengar kata ma.., pung (memangil kakeknya dengan sebutan opung), tapi belum satu kata utuh..dan kalo diperhatikan sepertinya anak saya cuek terhadap suara di sekitarnya..apakah ada pengaruhnya ya dok terhadap kemampuan bicaranya? Mohon sarannya. Terima kasih.( perempuan, 30 thn,164 cm,63 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan dari data usia, berat dan tinggi badan, anak Anda memang tergolong memiliki berat badan yang ideal dan proporsional. Dari pertumbuhan dan perkembangan motorik juga terlihat tidak ada masalah dan sesuai dengan usia. Namun setiap anak memang unik dan memiliki waktu yang berbeda-beda dalam mencapai tahapan kematangan dalam berbicara.

Umumnya pada anak usia 12-18 bulan, anak sudah mampu memanggil ayah dengan kata "papa" dan memanggil ibu dengan kata " mama". Pada anak Anda yang berada pada usia 13 bulan, kemampuan yang dimilikinya sekarang belum bisa dikatakan terlambat. Yang dapat Anda lakukan adalah dengan terus memberikan stimulasi pada kemampuan wicaranya dengan kombinasi latihan dan permainan yang menarik serta menyenangkan.

Anak usia 12-18 bulan umumnya sudah mampu menunjukkan aktifitas:

  • Berdiri sendiri tanpa berpegangan
  • Membungkuk memungut mainan kemudian berdiri kembali
  • Berjalan mundur 5 langkah
  • Memanggil ayah dengan kata "papa" dan memanggil ibu dengan kata "mama"
  • Menumpuk 2 kubus
  • Memasukkan kubus di kotak
  • Menunjuk apa yang diinginkan tanpa menangis / merengek, anak bisa mengeluarkan suara yang
  • menyenangkan atau menarik tangan ibu
  • Memperlihatkan rasa cemburu / bersaing.
Stimulasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Stimulasi tumbuh kembang anak dapat dilakukan oleh setiap orang yang berinteraksi dengan anak, mulai dari ibu, ayah, pengasuh anak, anggota keluarga lain dan kelompok masyarakat di lingkungan rumah tangga masing-masing dan dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu anak lebih cepat belajar bicara adalah :

  • bermain bersama sesering mungkin
  • berkomunikasi dengan cara yang anak bisa lakukan
  • beri respon terhadap suara yang anak keluarkan
  • apabila ada kata-kata yang mucul maka ajarkanlah anak artikulasi yang jelas, tunjukkan apa harus dia ucapkan. Contoh : ketika dia menunjuk bola, maka ucapkanlah padanya,"ini BOLA, BOOO-LAAA"
  • bersabar, dalam artian jangan terlalu terburu-buru ingin mendengar anak bicara
  • jangan ikut bicara bahasa anak, contoh : tetap ucapkan kata 'susu' dibandingkan dengan bahasa anak yaitu 'cucu'

Perilaku cuek tentunya akan berpengaruh pada kemampuan wicara anak. Untuk mengetahui apakah anak Anda memang 'cuek' terhadap sekitarnya, cobalah untuk selalu menatapnya ketika berbicara. Jika ia selalu tidak mau menatap mata, sulit menoleh jika dipanggil, maka segeralah dibawa ke dokter anak.

Anda juga dapat mengakses artikel kami dengan judul Perkembangan Anak Balita
Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar