Sukses

Keefektifan vaksinasi influenza

20 Oct 2014, 05:29 WIB
Pria, 1 tahun.
Dokter, anak saya usia 10 bulan BB 10kg tinggi 77cm, nah Rabu minggu kemaren di imunisasi influensa (triaminix kalo nggak salah namanya) kemudian kamis malam panas tinggi, sekarang batuk pilek.. sebetulnya berapa efektif sih vaksin influensa ini? kok dalam 1 minggu udah kena flu juga, kalo kurang efektif kenapa dianjurkan oleh IDI? trus bulan depan jadwal imunisasi influensa lagi jadinya perlu tidak? terimakasih sebelumnya. salam( laki-laki, 1 thn,77 cm,10 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Pemberian vaksin influenza tiap tahun memang direkomendasikan oleh ikatan dokter anak di Indonesia (Ikatan Dokter Anak Indonesia) maupun Amerika Serikat (American Academy of Pediatrics) karena vaksinasi ini terbukti mampu menurunkan angka kejadian infeksi virus infuenza dan menurunkan komplikasi yang ditimbulkan oleh infeksi virus influenza.

Timbulnya gejala flu pada anak anda dalam waktu kurang dari 1 minggu setelah pemberian vaksinasi influenza bukan berarti menunjukkan bahwa vaksin influenza tidak efektif. Vaksin influenza ini baru akan membentuk antibodi dalam tubuh untuk melawan virus influenza sekitar 2 minggu setelah vaksinasi, karena itu jika anak anda terserang virus influenza saat diberikan vaksinasi atau dalam beberapa hari setelah diberikan vaksinasi, maka sangat wajar jika virus tersebut masih menimbulkan gejala-gejala flu pada tubuh anak anda, karena antibodi hasil pemberian vaksinasi belum terbentuk dengan sempurna sehingga belum mampu melindungi tubuh dari virus influenza yang menyerang.

Keefektifan pemberian vaksinasi influenza tergantung dari usia, status kesehatan seseorang, dan adanya kecocokan antara virus dalam vaksin dengan virus yang terdapat di lingkungan sekitarnya. Strain virus influenza yang beredar di lingkungan selalu mengalami perubahan, karena itu dianjurkan untuk melakukan pengulangan vaksinasi influenza setiap tahun untuk menyesuaikan dengan jenis virus yang beredar. Tingkat keefektifan vaksin influenza terhadap anak usia 6-24 bulan dapat mencapai 66%. Artinya, meskipun telah diberikan vaksinasi influenza, bukan berarti anak anda telah dijamin bebas dari penyakit flu. Anak anda masih mungkin terkena infeksi virus influenza, namun biasanya gejala-gejala flu pada anak yang telah mendapatkan vaksinasi influenza akan lebih ringan dibandingkan dengan anak yang tidak pernah mendapatkan vaksinasi.

Menurut kami, sangat baik jika anda melanjutkan pemberian vaksinasi influenza kepada anak anda setiap tahun karena anak-anak sangat rentan terserang virus influenza.  

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)

 

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar