Sukses

Cabut gigi, kadar gula darah tinggi

19 Oct 2014, 20:52 WIB
Pria, 64 tahun.
dokter yang baik.. saya memiliki om yang berumur 64 tahun dan ia ingin melakukan pncabutan gigi nya yang sudah goyang,tapi ketika di periksa gula darahnya 148 mg/dl,,(pemeriksaan gula darah pd jam 11 dan ia selesai makan pada jam 7 pagi..) yang ingin saya tanyakan boleh tidak om sy untuk di cabut giginya dengan gula darah yang 148 tersebut? dan gusinya jg tdk bengkak dok... atas jawabannya saya ucapkan terima kasih banyak ya dokter.....:) ( laki-laki, 64 thn,168 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdr. yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Sebelumnya ada yang ingin saya tanyakan, apakah pemeriksaan tersebut dilakukan di lab atau dengan alat pengecekan gula darah yang dapat dilakukan sendiri di rumah?Apakah paman Anda memang penderita diabetes mellitus?Bila tidak, apakah paman Anda mengalami gejala penyakit DM diantaranya yang paling umum adalah banyak minum, banyak makan, dan banyak buang air kecil, dengan kadar gula darah sewaktu lebih dari 200mg/dl?Selain itu, pasien DM umumnya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk penyembuhan bila terjadi luka dan perdarahan.

 

Jika paman Anda mengalami gejala DM namun belum pernah memeriksakan diri, ada baiknya terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan klinis dan lab yang lebih mendetil. Pasien DM tetap dapat menjalani pencabutan gigi, selama penyakitnya terkontrol dengan mengkonsumsi obat dari dokter dan kadar gula darahnya berada dalam kisaran normal. Yang dikhawatirkan pada pasien DM tidak terkontrol adalah mengalami komplikasi paska pencabutan, misalnya perdarahan terlalu banyak, infeksi sekunder dan dapat juga mengalami syok. Oleh sebab itu lebih baik diantisipasi agar tindakan pencabutan gigi tetap dapat dilakukan dengan aman.

 

Sekedar informasi, artikel mengenai kesehatan mulut pada penderita diabetes sudah pernah dimuat di website kami, silakan membaca selengkapnya di https://www.klikdokter.com/article/detail/173.

 

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

 

Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar