Sukses

Intinya Pengendalian Diri

19 Oct 2014, 05:36 WIB
Wanita, 21 tahun.
Sya ingin menyakan ttg hormon seks n saraf otak dkter. Sjk kcil sya sdh biasa(dbiarkn)menonton film org pcran,mesra2an,n krna skrg sdh smkn fulgar tontonan,adgan ciuman bi2r n kdg ranjangpun tlihat oleh sya.sya sdh brusha mjaga pndgn sya.untk bbrp thn sjk sma mgkn hngga bbrp wkt kmrn,sya tdk ada mmkirkn ttg seks.tp akhr2 ini,krna tk sngaja mlhat adegan mesra,tb2 rgsangn seks sya meningkat.sya blm pnah bhubungn n pcar pun blm pnah punya.pengalihan dr rngsang itu adh dg sya mengkhayalkn sya sdg bpelukn,ciuman n bhkn bhubungn intim dg lelaki maya dlm otak sya.kdg tnpa ada fktor pndorong pun dr luar,tb2 sja nfsu sya meningkat n menyuruh sya mengkhayalkn hal tsb.sdh sjk kcl sya mgkhyal spt itu,hanya sj wkt kcl bkn krna ada nafsu,itu cm ska mgkhayal n khayalan sya jg tk separah skrg.yg ingn sya tanyakan:apakah hormon seks sya tlalu tinggi,klu ya,bgmn pnyaluran postifny. Apa dmpk thd otak sya dg mgkhayal spt itu yg sdh sya lakukan sjk kcl.n bgmn cra mgobtiny? Terima kasih atas sarannya( perempuan, 21 thn,150 cm,40 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Mengutip perkataan seorang kyiai kondang: "intinya Pengendalian Diri".

Sejalan dengan proses pendewasaan tubuh manusia, tumbuh fisik dan kembang jiwa seseorang selalu berjalan beriringan. Semisal pada pria tumbuh kumis hingga mimpi basah. Tak beda jauh dengan pria, seiring dengan keluarnya darah menstruasi, kaum wanita juga memiliki keadaan yang mendorong timbulnya hasrat seksual.

Dalam kondisi Anda, pola pembelajaran yang Anda serap dari lingkungan sekitar mengenai pengetahuan seks membuat keadaan fisik Anda tumbuh dewasa lebih cepat. Faktor apa yang Anda serap dari apa yang Anda lihat dan pelajari dari lingkungan sekitar membuat organ seks dan hormon terkait menjadi lebih cepat tumbuh.

Setiap orang memiliki karakter libido yang berbeda-beda. Ada yang cenderung tinggi, ada yang rendah. Kunci permasalahan libido adalah faktor pencetus terbitnya hasrat seksual. Bagaimana kita menyikapi faktor-faktor pencetus terbitnya libido ini yang penting.

Kenali serba-serbi yang berpotensi menerbitkan libido Anda. Dan sebisa mungkin sikapi dengan pemahaman dewasa agar tidak terbentur dengan norma serta etika moral susila yang berlaku di masyarakat.

Kini masalahnya Anda masih lajang. Sementara fase pertumbuhan dan perkembangan tubuh Anda sudah menuntut adanya kebutuhan biologis seks. Untuk menyikapinya, Anda dapat berpuasa, untuk tujuan berlatih mengendalikan hawa nafsu. Jangan terlalu sering membiarkan diri dalam kesendirian sehingga melayangkan pikiran pada imajinasi fantasi seks. Mulailah perbanyak kegiatan yang berinteraksi dengan sosial. Atau menambah aktivitas olahraga. Apapun yang Anda coba lakukan, bertujuanlah untuk mengurangi kegiatan berkhayal. Perbanyak aktivitas yang berguna dan yang membangun.

Namun Anda tidak akan mampu selamanya menahan dan menunda kebutuhan seksual. Suatu saat Anda dituntut utnuk menjawab kebutuhan Anda yang satu ini. Untuk itu, salurkanlah hasrat Anda dengan mulia, yakni menikah. Jika Anda melakukan hubungan seks dengan pasangan berstatus kekasih atau pacar, Anda akan mendapatkan risiko penyakit lebih besar dan kerugian imateril yang sangat sulit ditakar. Namun jika Anda melakukan hubungan seks dengan pasangan berstatus suami Anda sendiri, Anda melakukannya dalam koridor ibadah, dan sangat mulia di mata Tuhan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

Dr. Sukardi, SpKJ(K)
(Redaksi Pengasuh Rubrik Seks & Andrologi Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar