Sukses

Gatal dan migrain saat hamil

18 Oct 2014, 13:47 WIB
Wanita, 25 tahun.
Ass, saya sedang hamil 5 bulan. Ini kehamilan kedua saya.1>. Usia kehamilan ini ada keluhan gatal-gatal di sekitar alat reproduksi, muncul bintik2 di sekitar paha dalam dan bentol2 di paha dan selakangan. Lama2 bintik2 itu bertambah di perut dan sekitar payudara. Hal ini menganggu sekali. Saya sudah coba memakai bedak dan lotion anti keringat, tapi tetap saja mengalami gatal2. Saya juga memakai albotyl ovula untuk mencegah gatal2 karena keputihan. Apa yang harus saya lakukan? 2>. Kadang saya mengalami migran yg parah. Saya pikir karena makan coklat, tp ternyata migran itu kadang muncul tanpa sebab. Jadwal tidur saya malam, tp juga bangun siang (dlm sehari kira2 12 jam). Apakah coklat punya pengaruh buruk bagi janin? Apakah kualitas tidur mempengaruhi munculnya migran? Dan apakah migran tersebut berpengaruh bagi janin?. Terima kasih( perempuan, 25 thn,155 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kelainan kulit yang terjadi semasa kehamilan dapat disebabkan berbagai faktor, bisa karena hormonal, adanya peregangan kulit karena tubuh bertambah gemuk dan membesar, atau metabolisme tubuh yang meningkat. 

Perubahan keseimbangan hormon estrogen-progesteron menyebabkan pruritus (gatal-gatal), hiperpigmentasi (flek-flek warna kehitaman), dan terkadang timbul jamur pada lipatan-lipatan tubuh karena membesarnya tubuh, seperti pada lipatan di bawah payudara, perut, dan juga lipatan tubuh seperti selangkangan dan sebagainya.

Gatal semasa hamil juga kerap muncul pada ibu yang berbakat alergi yang disebut pruritus urticaria. Saat gatal sebaiknya kulit tidak digaruk karena dapat menyebabkan perlukaan dan menyebabkan infeksi bakteri. Bila gatal-gatal ini timbul karena faktor alergi sebaiknya ibu hamil menjauhkan dari alergennya (faktor pencetus), misalnya, udang, kepiting, atau jenis ikan lain.

Apabila gatal datang, Anda dapat mengoleskan dengan krim anti gatal atau bedak yang mengandung salicyl guna mengurangi rasa gatal yang terjadi. Tidak disarankan menggunakan vaginal wash atau vaginal supp untuk membersihkan vagina karena justru akan mematikan bakteri baik dalam vagina

Migrain umumnya terjadi karena pencetus tertentu, baik makanan (coklat, keju, anggur), kelelahan, stress, sinusitis, infeksi, kurang tidur dan lain-lain. Migrain sendiri tidak mempengaruhi janin namun dalam kehamilan, sebaiknya tidak meminum sembarang obat migrain karena dikhawatirkan efek samping yang dapat ditimbulkan pada janin. Coklat sendiri tidak berpengaruh buruk pada janin.

Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar