Sukses

Iritasi pipi bayi akibat ASI

20 Oct 2014, 07:30 WIB
Wanita, 26 tahun.
halo dok... Saya ibu dari seorang bayi berusia 18hari saya memberikan ASI & susu formula pada anak saya... yang ingin sya tanyakan benarkah jika pada saat menyusui ASI jika terkena pipi atau bagian wajah lain akan menimbulkan bercak2 merah atau putih...? krn ini yg dialami bayi saya saat ini... bagaimana cara mengatasinya ? krn saya takut meninggalkan bekas sampai dia besar dan saya juga takut memberika obat oles diwajahnya krn belum 1bln mengapa ASI bisa menimbulkan efek seperti itu? dan mengapa dia selalu "cegukan" setiap habis menyusui ?padahal dia sudah sendaawa setelah sy tepuk2 punggungnya mhn jawabanya thanks( perempuan, 26 thn,149 cm,63 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

ASI yang menetes ke kulit pipi bayi memang dapat menimbulkan iritasi karena kandungan di dalamnya pada kulitnya yang sensitif. Cara menghindarinya adalah selalu menyeka pipi bayi setiap kali terkena ASI dan bersihkan wajah bayi dengan air hangat dan sabun khusus bayi. Jangan mengoleskan berbagai krim ke kulit pipi bayi. Iritasi ini akan hilang seiring dengan daya tahan tubuh bayi yang semakin meningkat dari hari ke hari.

Cegukan terjadi karena iritasi diafragma yang pada bayi umumnya terjadi karena bayi menyusu terlalu cepat. Cara menghindarinya adalah menjaga agar bayi tidak menyusu terlalu cepat dan tidak perlu khawatir karena cegukan tidak berbahaya.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar