Sukses

Bayi sungsang

20 Oct 2014, 09:49 WIB
Pria, 26 tahun.
Dear Klik Dokter Istri saya sedang hamil hampi 8 bulan, dan ketika di USG hasilnya posisi bayi sungsang dan leher bayi kebelit tali pusar,pertanyaannya apakah dengan kondisi seperti ini istri saya bisa melahirkan secar normal tanpa operasi, bagaimana merubah posisi bayi dalam rahim supaya tidak sungsang, dan apakah resiko bayi jika terbelit tali pusar dan apakah hal ini bisa diatasi, terima kasih( laki-laki, 26 thn,160 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Apa kabar,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pertanyaan Anda mengenai istri Anda yg sedang hamil 8 bulan dg hasil USG janin letak sungsang dg lilitan tali pusat,apakah dapat dilahirkan secara normal ?

Menurut pendapat Kami, dengan kondisi letak sunsang disertai lilitan tali pusat sangat riskan sekali untuk dapat dilahirkan normal kecuali kepala bayi berubah posisi menjadi dibawah dengan tidak ada lilitan tali pusat.Posisi bayi pada usia kehamilan 8 bulan biasanya agak sulit berubah, tapi Anda dapat mencoba dengan menganjurkan istri Anda sering dalam keadaan sujud,dengan maksud agar posisi janin berputar dimana kepala dibawah. Tapi hal ini dapat pula membuat lilitan tali pusat makin bertambah, sehingga biasanya pada usia kehamilan 8 bulan Dokter sudah mulai memberitahu kemungkinan besar untuk dilakukannya operasi/sectio caesaria,demi menyelamatkan anak Anda. Bila pada usia kehamilan matang sekitar 38-39 minggu,Anda dapat menentukan tanggal dilakukan operasi. Demikian pendapat dari Kami, semoga anak Anda dapat dilahirkan selamat dan sehat termasuk juga istri Anda.(Ind)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar