Sukses

Sulit hamil karena gangguan hormonal

19 Oct 2014, 15:59 WIB
Wanita, 28 tahun.
Dear dok, Saya merasa sangat terbantu dan mdpt info byk tentang kesehatan dari situs ini. Berbagai pertanyaan dijawab dg cukup jelas. Ada yang ingin saya tanyakan lagi seputar hubungan gangguan hormonal dan kesulitan untuk hamil. Apabila diketahui penyebab sulit hamil adalah gangguan hormonal, therapi apa saja yang mungkin dilakukan untuk menangani masalah ini?? lbh tepatnya konsultasi dengan dr. ahli kandungan atau ada dr. spesialis hormon?? kemudian bgmana peluang terjadinya kehamilan apabila ditemukan gangguan hormonal? Saya tunggu jawaban dokter, dan trimakasih sebelumnya. Salam (perempuan, 28 thn,165 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Terdapat beberapa kondisi yang dapat menyebabkan sulitnya memiliki keturunan, salah satunya adalah faktor hormonal. Pada kondisi ini terjadi gangguan keseimbangan hormonal yang pada akhirnya dapat mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang. Karena alasannya adalah faktor hormonal, maka terapi yang diberikan umumnya berupa preparat hormonal yang dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu sambil memonitor kadar hormonnya (hormon prolaktin, tiroid, dsb)

Adapun sebenarnya terdapat lebih dari satu kondisi yang terkait oleh gangguan keseimbangan hormonal, seperti masalah kelenjar, masalah ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur), sindroma polikistik ovarium, dsb. Peluang untuk terjadinya kehamilanpun bervariasi pada setiap kondisi di atas. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi terlebih dahulu untuk menentukan penyebabnya, baru dapat diketahui seberapa besar hal tersebut berdampak pada kesuburan seorang wanita dan terapi apa yang paling sesuai untuk dilakukan.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan ahli hormon dan endokrinologi, terutama konsultan fertilitas yang khusus menangani masalah hormonal ini. Anda dapat mencarinya di beberapa rumah sakit besar, terutama rumah sakit pendidikan, di mana banyak terdapat dokter-dokter ahli yang kompeten di bidangnya. Sebagai referensi, Anda dapat menggunakan fitur "pencarian dokter" kami yang terdapat di halaman depan situs ini untuk mencari dokter tertentu di domisili yang Anda inginkan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar