Sukses

Tonjolan di rongga mulut

20 Oct 2014, 10:37 WIB
Pria, 17 tahun.
sore... saya mau tanya... baru" ini di rongga mulut bagian atas saya keluar tonjolan, kalau dipegang agak" kasar seperti ber'urat dan sedikit sakit... tonjolan ini terletak dekat gigi saya yang berlubang.... kira" apa ya ini? dan bagaimana cara mengobati'nya? terimakasih banyak sebelum'nya( laki-laki, 17 thn,170 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdr. yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Sebelumnya ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan. Bagaimana kondisi gigi yang berlubang, apakah lubangnya terasa sudah dalam dan sudah pernah terasa sakit berdenyut spontan (tanpa ada rangsang apapun misalnya minum dingin, tiba-tiba gigi terasa sakit berdenyut)? Bagaimana dengan warna tonjolannya apakah pucat, merah terang, atau kebiruan?Apakah tonjolan tersebut saat diraba terasa lunak atau keras? Berapa besar kira-kira ukuran diameternya, misalnya kurang dari 1 cm, 1-2 cm, atau lebih? Apakah letaknya di langit-langit, atau di gusi di daerah ujung akar gigi yang berlubang?

Untuk menentukan diagnosa dari keluhan Anda, sebetulnya cukup sulit tanpa pemeriksaan secara klinis. Yang dapat saya lakukan hanya berasumsi dan membuat dugaan berdasarkan keterangan yang Anda berikan. Jika lubang pada gigi tersebut sudah dalam dan sudah pernah terasa sakit berdenyut spontan, besar kemungkinan lubang sudah mencapai syaraf, dan infeksi terus berlanjut ke akar gigi. Bila tidak dirawat infeksi akan menjalar ke jaringan pendukung gigi, termasuk  gusi dan tulang. Akibatnya terjadi abses (semacam bisul) disebut abses periapikal yang berisi nanah, biasanya terletak di daerah ujung akar gigi yang bersangkutan. Warnanya biasanya merah terang, lebih merah dari jaringan lunak di sekitarnya. Bila diraba terasa agak lunak, dan ukuran diameternya berkisar 1-2 cm namun pada tahap awal bisa saja abses belum tampak jelas secara klinis.

Jika memang ini yang terjadi maka gigi penyebab harus dirawat dengan perawatan saluran akar, untuk menghilangkan infeksi dan mensterilkan saluran akar dari bakteri. Setelah perawatan, baru mahkota gigi direstorasi, misalnya dengan pembuatan mahkota gigi tiruan. Segera konsultasi dengan dokter gigi yang berpraktek di lingkungan Anda agar dapat dipastikan apakah tonjolan tersebut merupakan kondisi patologis yang perlu perawatan, atau jangan-jangan yang Anda maksud adalah tonjol anatomis pada langit-langit yang disebut rugae palatae, yaitu tonjolan normal yang terdapat di tengah langit-langit di dekat gigi seri depan atas. Bisa saja baru-baru ini terasa sakit karena daerah tersebut mengalami iritasi akibat dari makanan yang Anda konsumsi atau sebab lain.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Bila masih ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan lebih lanjut, silakan layangkan kembali pertanyaan Anda ke redaksi kami.

Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar