Sukses

Apakah abortus imminens?

19 Oct 2014, 11:39 WIB
Wanita, 27 tahun.
dear dokter mhn infonya mengenai penyebab abortus iminen, penyebab dan cara mengatasinya bagaimana yah ? apakah kl terkena masalah tersebut, kehamilan tetap bs dilanjutkan? dan apakah akan prematur bayinya? gimana cara mencegahnya spy tidak terjadi lg abortus iminen tersebut? tks( perempuan, 27 thn,152 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Abortus imminens adalah peristiwa terjadinya perdarahan dari rahim pada kehamilan sebelum 20 minggu, dimana hasil konsepsi masih dalam rahim, dan tanpa adanya pelebaran leher rahim. Dengan perkataan lain adalah ancaman untuk terjadinya keguguran yang ditandai dengan flek meskipun janin masih terdapat di dalam rahim.

Setelah dipastikan Anda mengalami abortus imminens, hal yang harus dilakukan adalah mencari penyebab. Beberapa penyebab yang mungkin adalah infeksi, faktor hormonal, kelainan bentuk rahim, faktor imunologi (kekebalan tubuh),  dan penyakit dari ibu. Untuk memastikan penyebab, diperlukan pemeriksaan USG ataupun laboratorium lebih lanjut. Mengenai kemungkinan kehamilan dapat dilanjutkan atau tidak tentunya sangat tergantung pada penyebab yang mendasari. Jika dapat ditangani, maka kehamilan dapat dilanjutkan dan bedrest total diperlukan guna mempertahankan kehamilan. 

Obat penguat rahim adalah jenis preparat hormonal yang mengandung progesteron. Obat ini umumnya dikonsumsi apabila terjadi tanda-tanda abortus (imminens) atau keguguran. Namun, pemberian obat ini tidak selalu berhasil 100% karena sangat tergantung dengan penyebab yang mendasari.

Kemungkinan dari abortus immines ini adalah kelahiran prematur hingga yang terburuk adalah abortus spontan yang berujung pada kematian janin. Untuk mencegah atau paling tidak mengurangi kemungkinan terjadinya abortus immines di kemudian hari adalah dengan memeriksakan diri kepada dokter ahli kebidanan dan kandungan untuk mencari kemungkinan penyebab, dan kemudian persiapkan kehamilan dengan sebaik-baiknya- nutrisi ibu yang cukup ditunjang dengan pemeriksaan kehamilan yang teratur.

Berikut beberapa artikel yang dapat anda akses dari koleksi kami:

Jenis-jenis Aborsi

Nutrisi Kehamilan

 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

 



     


    0 Komentar

    Belum ada komentar