Sukses

Ketiak sering berkeringat

16 Oct 2014, 11:02 WIB
Wanita, 17 tahun.
bgn dok... saya orgny cepat sekali berkeringat dan apa lagi bagian ketiak... biasa pada saat mulai beraktifitas sekolah, saya sudah mulai berkeringat banyak di bagian ketiak... knp ya dok??? cairan yang dikeluarkan selalu menghasilkan bau yang kurang sedap... tapi apabila saya makan sayur bau berkurang tapi kadar cairan yang dikeluarkan tetap banyak... itu knp ya????( perempuan, 17 thn,160 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Adik/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Keadaan keringat yang berlebih pada ketiak disebut juga hiperhidrosis aksilaris. Pada perempuan, keadaan ini biasanya dimulai pada saat pubertas, namun tidak berhubungan dengan hormon. Penyebab utama hiperhidrosis aksilaris adalah stimulasi berlebihan sistem saraf simpatis.

Kondisi ini memiliki hubungan langsung dengan status mental (psikologis) seseorang dan lingkungan. Rangsangan stress ansietas (cemas) dan faktor-faktor psikologis yang mirip memiliki peran yang penting dalam memperberat kondisi ini. Namun, kondisi ini ini juga memiliki pengaruh genetik (keturunan).

Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan antiperspiran. Apakah Saudari menggunakan deodoran? Jika iya, apakah jenis deodoran yang Saudari gunakan? Deodoran saja sebenarnya tidak dapat membantu mengurangi keluarnya keringat dari kulit, kecuali yang mengandung antiperspiran. Oleh sebab itu, pilihlah produk deodoran yang mengandung antiperspiran.

Adapun bau tidak sedap yang berasal dari ketiak diakibatkan oleh bakteri pada kulit yang mencernakan keringat dan menghasilkan suatu zat kimiawi  amonia dan asam lemak rantai pendek 3-methyl-2-hexenoic acid. Proses ini dapat dipengaruhi oleh jenis makanan yang kita konsumsi seperti daging merah, makanan siap saji, dsb. Oleh sebab itu, perbanyaklah konsumsi makanan tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan segar disertai asupan cairan yang cukup (6-8 gelas/hari). Selain itu, bagian ketiak harus dibersihkan secara teratur. Tindakan mencukur bulu ketiak terkadang dapat membantu mengurangi produksi keringat pada ketiak.

Jika cara-cara di atas tidak membantu, sebaiknya Saudari berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar terapi dapat dilakukan secara lebih optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar