Sukses

Sperma berwarna kekuningan

19 Oct 2014, 20:41 WIB
Pria, 31 tahun.
hi dok, sperma saya kok agak ke kuning2an ya dan tidak terlalu kental. apakah normal? saya perokok dan kadang2 minum2 juga. thx (laki-laki, 31 thn,179 cm,95 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami kekhawatiran Anda saat ini. Sebelumnya perlu dikonfirmasi terlebih dahulu mengenai cairan yang Anda maksus: "Apakah benar cairan tersebut adalah cairan sperma yang keluar saat Anda mengalami ejakulasi?"

Normalnya cairan sperma/cairan ejakulat akan terlihat berwarna putih karena memiliki banyak kandungan sperma yang kaya akan protein. Sperma ini dihasilkan oleh testis dan baru akan dikeluarkan saat orgasme bersama dengan air mani.

Akan tetapi cairan sperma terkadang dapat berwarna kekuningan akibat proses infeksi pada kelenjar prostat dan vesikula seminalis, atau terkait konsumsi bahan makanan kaya sulfur (seperti bawang putih) atau riboflavin. Selain itu, ada juga yang beranggapan bahwa hal tersebut dapat terjadi akibat proses pengentalan alami, terutama jika terdapat jangka waktu yang cukup lama setelah ejakulasi yang terakhir.

Apabila keluhan yang Anda alami hanya terbatas pada perubahan warna cairan sperma, maka Anda tidak perlu khawatir. Akan tetapi apabila keluhan tersebut disertai keluhan nyeri saat ejakulasi bahkan perdarahan (keluar cairan merah/kecoklatan dari kemaluan), maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi untuk tatalaksana yang optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

    0 Komentar

    Belum ada komentar