Sukses

Sumbatan saluran telur

11 Jan 2010, 13:15 WIB
Wanita, 27 tahun.
Dok, apakah ada pengobatan untuk perlengketan/penyumbatan pada saluran telur? Saya mengalami penyumbatan pd saluran telur sebelah kanan. Dokter kandungan saya tdk menyebutkan penyebab perlengketan saluran telur saya, cuma sebelum menikah saya memang sering mengalami keputihan. terima kasih atas tanggapannya. ( perempuan, 27 thn,168 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Penyumbatan pada saluran tuba umumnya disebabkan karena infeksi pada masa lalu yang tidak diobati dengan baik sehingga  disebabkan karena infeksi pada masa lalu yang tidak diobati dengan baik sehingga menyebabkan kerusakan pada saluran telur. Satu-satunya cara untuk berupaya memperbaiki sumbatan tersebut adalah dengan jalan operasi (biasanya dengan operasi laparoskopi), sehingga bisa dipastikan apakah kerusakan tersebut masih dapat diperbaiki atau memang sudah tidak dapat diperbaiki lagi. Pengobatan dgn suntikan (antibiotik) ataupun dengan ditiup (hidrotubasi) tdk ada manfaatnya.

Saluran telur ada di sebelah kiri dan kanan. Ibu masih bisa hamil normal apabila saluran telur sebelah kiri paten dan indung telur menghasilkan telur, meskipun kemungkinan kehamilan tidak sebesar wanita dengan kedua indung telur yang paten. Apabila memang terdapat kesulitas kehamilan secara normal, maka dapat disarankan untukmengikuti program bayi tabung untuk dapat hamil.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar