Sukses

Blighted ovum

15 Jan 2010, 13:30 WIB
Wanita, 27 tahun.
selamat siang dokter..dok,..saya sudah mengalami keguguran 2 kali (ke dua-duanya adlh anak pertama) yg pertama usia kehamilan 2 minggu ( flek darah) lalu kuret, dan yg ke 2 kehamilan 4 bln ( flek coklat) kuret jg krna di nyatakan BO oleh dokter,..sekarang saya blm hamil lg dok karena masih ada perasaan takut klo terulang lagi,..saya minta sarannya dr dokter, apa yg harus saya lakukan agar kehamilan berikutnya gak terulang lg..apa cek darah perlu dilakukan dok??..terima kasih dokter( perempuan, 27 thn,150 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Dari informasi yang ada tampaknya Ibu tidak sulit hamil, tetapi kehamilan tidak berkembang normal ('blighted ovum' atau BO) sehingga harus dikuret. Biasanya dianggap keguguran berulang jika sudah 3 kali berturut-turut mengalami keguguran.

Tetapi mengingat sudah 2 kali kejadian yang sama berulang, sebaiknya dievaluasi. Ada banyak sebab keguguran berulang, sebagian besar masalah kelainan kromosom pada hasil konsepsi, bisa karena masalah hormonal, masalah anatomi (kelainan) pada rahim, masalah sirkulasi darah (antifosfolipid syndrome) atau masalah imunologik.

Sebagian lagi penyebabnya tidak diketahu pasti. Termungkin diperiksa adalah masalah rahim (umumnya dengan USG atau histeroskopi), masalah sirkulasi darah terutama kekentalan darah dan faktor-faktor  pembekuan darah, masalah imunologik dari sistim imun di darah, dapat juga dilakukan laparoskopi untuk melihat kemungkinan adanya endometriosis.

Sebaiknya Ibu berkonsultasi tatap muka langsung dengan dokter kandungan yang lebih khusus menangani masalah endokrinologi reproduksi dan infertilitas.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar