Sukses

Apakah glaukoma dapat disembuhkan?

20 Oct 2014, 07:31 WIB
Wanita, 79 tahun.
Ibu saya usia 79 tahun, pandangan pada mata kanan beliau kabur dan hampir sama sekali tidak dapat melihat, sedang mata kiri masih cukup bagus. Mata kiri pernah dilakukan operasi katarak pada tahun 1996. Menurut info dokter mata di RS Bayukarta, Karawang, Ibu saya menderita Glukoma Sekunder OD. Apakah mata ibu saya dapat disembuhkan dengan operasi atau tindakan lainnya ? mohon petunjuk dokter, terima kasih. Arik ( perempuan, 79 thn,155 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudara yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Diagnosis glaukoma sekunder OD (ocular dekstra) memiliki arti bahwa mata kanan mengalami glaukoma sekunder. Definisi dari glaukoma adalah kerusakan penglihatan yang disebabkan meningkatnya tekanan bola mata.

Penyebab dari meningkatnya tekanan bola mata adalah karena ketidakseimbangan antara produksi dan pembuangan cairan dalam bola mata, sehingga berdampak pada kerusakan syaraf yang terdapat di retina.

Penderita glaukoma umumnya tidak menyadari adanya gangguan penglihatan hingga terjadi kerusakan penglihatan yang lanjut,  karena glaukoma sering berkembang tanpa gejala yang nyata. Kerusakan yang sudah terjadi memang tidak dapat dikembalikan, namun glaukoma dapat dikendalikan sehingga mencegah kerusakan yang lebih jauh. Pada kasus ibu Anda, kemungkinan untuk melihat jelas kembali kecil namun dapat dilakukan penanganan untuk mencegah terjadinya kebutaan total. 

Glaukoma terdiri dari 2 jenis; primer (sudut terbuka dan sudut tertutup) dan sekunder. Glaukoma sekunder terjadi karena kondisi lain seperti katarak, diabetes, trauma, arthritis, atau operasi mata sebelumnya. Karena didasari oleh kondisi lain, maka penanganan glaukoma sekunder selain dengan menurunkan tekanan bola mata agar tidak terjadi kerusakan syaraf lebih lanjut, penting sekali untuk menangani kondisi yang mendasari tersebut. Tindakan yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan bola mata adalah dengan obat tetes mata, laser maupun operasi. Segera berkonsultasilah dengan dokter mata mengenai tindakan yang paling sesuai dengan kondisi mata ibu Anda. Saran kami, sebaiknya Anda membawa ibu Anda ke rumah sakit khusus mata yang memiliki fasilitas lebih lengkap di kota Anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar