Sukses

Berkendara motor & kandungan?

07 Jan 2010, 09:31 WIB
Wanita, 28 tahun.
Sore Dok, saya sudah menikah hampir 2 th tp belom ada tanda2 kehamilan, yg ingin saya tnyakan : apakah sering berkendara motor bisa mempengaruhi kandungan menjadi lemah, krn kebetulan tiap hari saya bekerja membawa motor pulang pergi, mohon sarannya,, Trims.( perempuan, 28 thn,150 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Tidak ada dalam istilah medis apa yang disebut dengan “kandungan lemah”, begitu juga tidak pernah buku-buku pengajaran atau literatur kedokteran yang menyebut istilah tersebut, apalagi mendefinisikannya. Sehingga tidak ada hubungannya secara langsung antara sering berkendara motor dengan kandungan lemah.

Jika setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2 - 3x/minggu) selama 1 tahun tanpa menggunakan kontrasepsi, kehamilan belum juga terjadi berarti sudah memenuhi kriteria infertilitas primer. Jika memang ada infertilitas primer, perlu dicari penyebabnya baik dari pihak ayah maupun ibu.

Pihak ibu dapat melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui anatomi alat kandungan, mungkin pemeriksaan HSG (untuk mengetahui sumbatan saluran tuba), dan pemeriksaan hormonal (tergantung kebutuhan). Pihak ayah dapat melakukan pemeriksaan analisis sperma (kualitas dan kuantitas).

Apabila ada kelainan yang ditemukan maka terapi yang diberikan sesuai dengan penyebab gangguan kesuburan tersebut. Jangan terlalu khawatir, angka kehamilan pasutri setelah 1 tahun pertama adalah 60% dan setelah tahun kedua adalah 90%. Ikuti pola hidup sehat, berhubungan intim teratur, dan banyaklah berdoa kepada Yang Maha Kuasa.

Kami menyarankan Bapak dan istri berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan & kandungan serta dokter spesialis andrologi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

Salam,

Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar