Sukses

Siklus haid terlambat,wajarkah?

20 Oct 2014, 05:30 WIB
Wanita, 19 tahun.
Selamat siang,,, saya seorang perempuan berusia 19 tahun. sebelum bertanya,saya ingin bercerita terlebih dahulu. sejak pertamakali menstruasi saya hampir tau tidak pernah merasakan sakit perut yang heboh,terakhir 2 bulan yang lalu saya mengalami menstruasi dan perut saya sakit sekali seperti di remas-remas. menstruasi berikutnya datang terlambat,perutpun terasa sakit,tetapi tidak begitu sakit pada saat itu. sekarang menstruasi saya terlambat dari siklus seharusnya. namun anehnya saya mengeluarkan flek coklat yang saya kira merupakan awal akan terjadinya menstruasi,namun sudah lebih dari 4 hari saya belum mentruasi juga,sayapun berolah raga dan akhirnya keluar darah, itupun hanya sedikit dan setelah itu tidak keluar darah lagi hanya flek coklat. yang saya mau tanyakan, Apakah hal ini wajar?dan apa yang harus saya lakukan? terimakasih,( perempuan, 19 thn,165 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Adik / saudari yang terhormat,

Saya mengerti saat ini anda merasa khawatir akan siklus haid anda yang tidak teratur. Sebelumnya kami ingin memberikan informasi terlebih dahulu mengenai siklus haid yang disebut normal.

Siklus haid normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Cara menghitung siklus haid adalah dimulai dari hari pertama haid bulan saat ini hingga hari pertama bulan berikutnya. sedangkan lama berlangsung artinya dari mulai pertama kali haid atau mengeluarkan darah hingga berhenti mengeluarkan darah. Siklus haid melebihi 35 hari yang sering dikatakan terlambat disebut oligomenorea yang umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal. Apakah keadaan seperti oligomerohea yang dialami? Ataukah masih berada dalam kisaran normal? Sayang sekali Anda tidak memberikan data berupa tanggal-tanggal dimulai dan berhenti haid serta lama berlangsung dari bulan ke bulan berikutnya.  

Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan keadaan oligomenorea, antara lain:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • obesitas
  • stres psikologis
  • aktivitas berlebih, seperti atlit
  • gangguan indung telur
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid
  • dsb

Coba Anda data terlebih dahulu siklus haid dan lama haid Anda dari bulan ke bulan. Sembari melakukan hal tersebut, analisa dan tangani keadaan aktivitas maupun stress yang dialami. Namun, jika ternyata memang siklus haid Anda mengalami gangguan, periksakan ke dokter kebidanan dan kandungan untuk melihat adanya kemungkinan lainnya.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (RIPI

 

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter) 

    0 Komentar

    Belum ada komentar