Sukses

Mulut kering dan bau mulut

06 Jan 2010, 11:56 WIB
Wanita, 38 tahun.
Bau mulut Dokter, tiap pagi dan sore sy sll gosok gigi namun stlh beberapa saat mulut terasa kering apalagi kalo tdk minum2 hingga saat berbicara mulut berbau tidak sedap. Kebiasaaan sy gemar minum teh manis hangat pagi sore; setdknya 1 x sebln mendekati saat menstruasi tumbuh sariawan pd mulut hingga menambah gangguan bau mulut saya. Riwayat gigi sy tdk bwarna putih krn sewkt kanak2 pengguna antibiotik (era kelahiran tahun 70 an); ompong 1 gigi geraham dkt g taring; gigi tdk berlubang. Mohon diagnosa konsul dokter apa yg tjd dg mulut sy? apakah disbbkan gigi mulut sy? atau bagian organ dalam sy? mengapa demikian dan apa yg sebaiknya sy lakukan utk menghentikan gangguan bau mulut tsb.( perempuan, 38 thn,155 cm,59 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Bila mengacu pada keterangan Anda, sepertinya produksi maupun aliran saliva (air liur) Anda kurang lancar. Kondisi mulut yang kering memang berdampak pada bau nafas tak sedap, karena saliva memiliki berbagai fungsi penting bagi gigi mulut  diantaranya pembilasan (sisa makanan maupun bakteri yang kemudian ditelan). Dengan berkurangnya saliva maka sisa makanan yang tertinggal di permukaan gigi akan diolah bakteri menghasilkan senyawa sulfur yang menyebabkan timbulnya bau mulut (halitosis). Kondisi mulut kering disebut xerostomia.

 

Xerostomia umumnya berhubungan dengan penurunan produksi saliva, atau produksinya normal tapi terjadi penurunan aliran saliva. Penyebabnya ada beberapa kemungkinan, makin tua biasanya fungsi kelenjar liur menurun sehingga mulut cenderung kering. Pasien penderita kanker yang menerima terapi radiasi pada daerah leher dan kepala, penderita Sjogren sindrom, penderita penyakit-penyakit sistemik, penderit penyakit yang menyerang kelenjar liur, atau pasien yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat mengalami xerostomia, selain itu stress juga sering dikaitkan dengan xerostomia. Mungkin Anda pernah mendengar seseorang yang sedang tegang atau cemas umumnya mulut menjadi kering.

 

Apakah ada salah satu dari yang saya jabarkan di atas terjadi pada Anda?Ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi agar dapat diperiksa secara klinis dengan anamnesa (wawancara lengkap) riwayat kesehatan Anda selama ini, baik kesehatan lokal (gigi mulut) maupun sistemik (seluruh tubuh secara umum). Dapat juga Anda berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis penyakit mulut (drg. Sp.PM) untuk memastikan fungsi kelenjar saliva dan aliran saliva Anda. Sementara itu, perbanyaklah minum air putih (usahakan yang diperbanyak adalah minum air putih, jangan minuman berwarna seperti teh botol atau lain-lainnya).untuk membantu mengatasi kondisi mulut kering, atau mengunyah permen karet bebas gula atau bisa juga yang mengandung xylitol.

 

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Bila masih ada hal yang kurang jelas dan ingin Anda tanyakan lebih lanjut silakan kembali layangkan pertanyaan ke redaksi Kami.

 

Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut

    0 Komentar

    Belum ada komentar