Sukses

Gangguan Pendengaran Usia Tua

08 Jan 2010, 09:24 WIB
Wanita, 25 tahun.
Ibu saya berumur 57, mengalami gangguan penglihatan pada mata sebelah kirinya karena disebabkan salah memberikan obat mata ketika kecil, hingga saat ini mata kiri tidak dapat berfungsi. walaupun demikian tidak menggangu kedua indra pendengarannya, hingga ketika bertambah usia mendekati usia 55 thn, ibu saya mulai merasakan gangguan pendenagran pada telinga kanan nya,karena sulit berfungsi dengan baik. yang menjadi pertanyaan saya.. apakah gangguan telinga Ibu saya bag kanan di sebabkan adanya kerusakan indra penglihatan bagian kiri?? dan apa yang mesti dilakukan, kemudian jika saya membelikannya alat bantu dengar apakah di perlukan diagnosa lanjutan untuk memastikan jenis alat dengar yang pas??? Terima Kasih( perempuan, 25 thn,50 cm,155 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.


 

 

Keluhan gangguan pendengaran yang dialami oleh ibu anda tidak berhubungan dengan gangguan pengelihatan yang telah dialami terlebih dahulu. Kerusakan yang terjadi pada mata ibu anda kemungkinan diakibatkan kerusakan struktur dari bola mata akibat pemberian obat mata yang salah.

 

Penyebab keluhan gangguan pendengaran dapat berupa gangguan persyarafan atau gangguan struktur telinga sehingga terjadi gangguan penghantaran bunyi. Oleh karena itu perlu dicari penyebab terjadinya gangguan pendengaran pada ibu anda, seperti kotoran telinga yang menumpuk, riwayat trauma telinga, riwayat penyakit telinga, riwayat konsumsi alkohol, atau riwayat konsumsi obat-obat tertentu yang bersifat ototoksik (dapat mengakibatkan gangguan pendengaran). Dapat pula gangguan pendengaran yang terjadi lebih dikarenakan penurunan fungsi akibat bertambahnya usia.

Untuk membantu ibu anda, Kami sarankan agar anda meibu saudari dibawa ke rumah sakit yang memiliki seorang dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan pendengaran secara kualitatif dengan menggunakan garputala dan kuantitatif dengan menggunakan audiometer. Dengan demikian, diharapkan anda dapat membeli alat bantu pendengaran yang sesuai dengan kebutuhan ibu anda untuk membantu mengatasi gangguan pendengarannya.


 

 

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)

Salam,

 

(Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar