Sukses

Cara menghilangkan keloid

20 Oct 2014, 08:42 WIB
Pria, 23 tahun.
Dok, saya memiliki keluhan bekas luka berupa keloid. Keloid ini ada di sekitar dada dan lengan bagian atas. Kadang-kadang terasa gatal dan nyeri apabila ditekan atau ketika bergesekan dengan baju. apakah ada cara untuk menghilangkannya secara efektif? Terima kasih atas jawabannya.(laki-laki, 23 thn,165 cm,75 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini. Tentunya keluhan-keluhan tersebut telah membuat Anda merasa tidak nyaman.

Keloid merupakan salah satu jenis jaringan parut yang merupakan hasil dari pertumbuhan bekas luka yang berlebihan, bahkan melebihi batas luka itu sendiri. Salah satu terapi yang dapat dilakukan adalah dengan mengangkat jaringan parut secara lengkap. Akan tetapi, risiko keloid pada luka bekas operasinya sangat besar, yaitu sekitar 50%.

Dengan pertimbangan tersebut, maka terapi yang paling efektif dilakukan saat ini adalah dengan melakukan penyuntikan steroid potensi tinggi pada keloidnya. Penyuntikan dilakukan secara berkala setiap 2-3 minggu hingga keloid mengecil. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui lebih lanjut mengenai terapi ini.

Sebagai referensi, Anda dapat mengakses salah satu artikel kami dengan mengklik URL Link berikut:

Keloid

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar