Sukses

Selalu terjadi ovulasi setiap mens?

19 Oct 2014, 14:36 WIB
Wanita, 24 tahun.
Terimakasih dok, telah menjawab pertanyaan saya.. saya ingin bertanya kembali..apakah setiap menstruasi selalu terjadi ovulasi? Menstruasi saya bulan ini hanya 3 hari, tidak seperti biasa selama 6-7 hari, apakah normal dok?.. terimakasih (perempuan, 24 thn,151 cm,49 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Sebelumnya kami mohon maaf atas keterlambatan penjawaban konsultasi Anda terkait banyaknya pertanyaan yang masuk ke redaksi kami.

Seperti penjelasan kami sebelumnya, bahwa mayoritas penderita sindroma ovarium polikistik memiliki masalah dengan berat badannya dan resistensi insulin yang menyebabkan hambatan perkembangan folikel kemudian memicu terjadinya siklus anovulatorik (tanpa sel telur). Jadi, meski tidak teratur, menstruasi dapat tetap terjadi tanpa adanya pelepasan sel telur (ovulasi) sehingga masa subur akan sangat sulit atau bahkan tidak dapat ditentukan.

Normalnya siklus menstruasi berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Masa menstruasi selama 3 hari masih berada dalam rentang tersebut, akan tetapi hal ini saja tidak cukup untuk menentukan ada/tidaknya ovulasi karena siklus anovulatorik dapat sangat bervariasi baik memendek, normal, maupun memanjang. Segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda. Diskusikanlah mengenai hal-hal yang menjadi kegundahan Anda, dan harapan Anda untuk segera memiliki keturunan. Karena hanya dengan demikian, baru dapat tercapai solusi yang terbaik untuk Anda dan pasangan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar