Sukses

Obat untuk penyembuhan luka

20 Oct 2014, 05:54 WIB
Pria, 25 tahun.
Selamat pagi...Mohon petunjuk untuk nama obat oral/minum yang berfungsi membantu proses penyembuhan luka bekas bisul nanah. Dikarenakan sy mempunyai peyakit keturunan DM dari keluarga. Terima kasih atas bantuannya. Selamat bertugas...(laki-laki, 25 thn,171 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Penyembuhan luka merupakan proses yang kompleks dan dipengaruhi oleh banyak faktor baik dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. Lamanya memang bervariasi mulai dari beberapa minggu hingga beberapa bulan, yang dapat dipengaruhi oleh:

  • faktor usia, orang yang berusia lanjut umumnya memiliki tingkat penyembuhan luka yang kurang baik
  • status gizi, terutama asupan protein dan vitamin C
  • ada/tidaknya infeksi
  • ada/tidaknya penyakit penyerta lain yang dapat mempengaruhi, misal: diabetes, gangguan pembuluh darah, anemia, dsb
  • penggunaan obat-obatan yang dapat memperlambat proses penyembuhan luka, misal: obat golongan kortikosteroid, dsb

Jika kondisi tubuh Anda sehat, maka proses penyembuhan luka akan berlangsung baik. Untuk itu, sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dapat membantu proses penyembuhan luka Anda. Pastikan Anda telah mendapatkan cukup asupan protein, vitamin C, dan vitamin A, serta tidak lupa untuk tetap memperhatikan pola makan dan aktivitas Anda sehingga kadar gula darah Anda dapat terkontrol dengan baik. Anda tidak perlu khawatir. Penyembuhan luka masih dapat berlangsung baik bahkan pada para diabetesian, selama gula darah dapat dipertahankan dalam kadar normal.

Selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas, perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari).

Bagaimanapun, nanah yang terdapat pada luka merupakan salah satu penanda adanya infeksi yang memerlukan pengobatan dengan antibiotik (oral/minum maupun topikal/oles). Untuk itu, akan lebih baik apabila Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter Anda untuk mengevaluasi kondisi luka Anda saat ini. Dengan demikian, terapi dapat dilakukan secara lebih optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar