Sukses

Earphone dapat merusak pendengaran?

05 Jan 2010, 17:07 WIB
Pria, 28 tahun.
ketika bekerja saya sering mendengarkan lagu dari mp3 player menggunakan earphone dalam waktu lama (3-4 jam)secara terus menerus dengan volume medium/saya masih bisa mendengar orang lain yang mengajak saya berbicara. apakah kebiasaan ini bisa merusak indra pendengaran saya?terima kasih. (laki-laki, 28 thn,170 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Pajanan bising yang cukup keras (> 85 desibel) dalam jangka waktu yang cukup lama pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan pendengaran yang disebut noise induced hearing loss (NIHL). Semakin tinggi intensitas bising maka semakin sedikit waktu yang diperbolehkan.

Tabel 1. Intensitas dan waktu paparan bising yang diperkenankan.

Intensitas

bising (dB)

 Waktu paparan

per hari (jam)

85

87,5

90

92,5

95

100

105

11

8

6

4

3

2

1

1/2

1/4

Selain intensitas bising dan waktu pajanan bising, masih terdapat beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi, yaitu:

  • frekuensi pajanan
  • kerentanan individu
  • jenis kelamin
  • usia
  • kelainan di telinga tengah

Sebuah survei menunjukkan bahwa sekitar 2/3 pengguna alat pemutar musik akan mengatur volume suara musiknya terlalu tinggi hingga mencapai 120 desibel (melebihi batas aman 80-85 desibel). Jika dianalogikan, volume ini adalah setara dengan volume pesawat terbang saat sedang lepas landas. Dapat dibayangkan betapa bisingnya.

Sayang kami tidak dapat benar-benar mengukur intensitas suara dari musik yang Anda dengarkan, akan tetapi kebiasaan mendengarkan musik berintensitas cukup tinggi yang terlalu sering dan lama memang dapat berisiko terhadap pendengaran seseorang di kemudian hari, terutama jika didengarkan dengan bantuan earphone (karena suara akan diarahkan langsung ke dalam telinga) dan pada orang-orang yang rentan. Hal ini tidak jarang terjadi, khususnya pada generasi muda yang umumnya mengabaikan risiko kesehatan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar