Sukses

Hamil tidak boleh rawat gigi?

17 Dec 2009, 16:13 WIB
Wanita, 32 tahun.
sore dokter saya mau tanya kenapa pada wanita hamil tidak boleh mencabut gigi , atau perawatan gigi ? terima kasih( perempuan, 32 thn,158 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Perawatan gigi pada wanita hamil sebetulnya sebisa mungkin dihindari bila tidak bersifat urgent, terutama pada trimester pertama dan ketiga karena pada trimester pertama janin sedang mengalami pertumbuhan organ vital sehingga prosedur apapun yang beresiko untuk membahayakan janin sebisa mungkin dihindari.  

Bila Anda telah memasuki trimester ketiga, Anda masih tetap dapat ditambal selama tindakan tersebut tidak melibatkan pemberian anestesi (obat bius), pemberian obat-obatan yang kontraindikasi terhadap kehamilan, ataupun pemeriksaan rontgen karena Anda dan janin akan terpapar radiasi. Prosedur perawatan yang terlalu lama membuat Anda berbaring di dental unit juga sebaiknya dihindari.

Perawatan yang berpotensi untuk menimbulkan komplikasi seperti pencabutan sebaiknya dihindari.  Pemberian anestesi pada wanita hamil trimester dua sebetulnya cukup aman bagi ibu dan janin, tapi sebaiknya tidak untuk kasus pencabutan namun sebatas untuk perawatan lain yang lebih "ringan" seperti perawatan saluran akar atau pengasahan pada gigi yang masih vital.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda

Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar