Sukses

Rumput fatimah dan persalinan?

18 Oct 2014, 01:15 WIB
Wanita, 22 tahun.
sore dok. dok sy mau tanya 1. apa benar rumput fatimah bisa memperlancar proses persalinan? 2. benarkah bumil trisemester akhir dianjurkan mengepel jongkok dan banyak minum air kelapa muda? trims dok( perempuan, 22 thn,155 cm,56 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Rumput fatimah (Labisia pumila sp.) bersifat uterotonik, yang artinya bekerja seperti hormon oksitosin- hormon yang merangsang kontraksi rahim. Rumput fatimah yang dikonsumsi saat kehamilan dapat menyebabkan kontraksi otot rahim secara terus menerus, sehingga mengganggu kontraksi yang sebenarnya dan pada akhirnya tidak sejalan dengan ukuran pembukaan. Keadaan ini dapat mengakibatkan stres pada janin karena pembukaan belum benar-benar lengkap sehingga tidak dapat keluar sementara ibu mengalami rasa sakit yang luar biasa, dan pada akhirnya dokter harus memutuskan untuk melakukan tindakan operatif. Sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya selama kehamilan.

Sedangkan mengenai anjuran untuk mengepel dan banyak minum air kelapa selama trimester tiga, belum ada penelitian yang membahas mengenai kaitan antara kedua kegiatan tersebut terhadap kehamilan.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar