Sukses

Celah antara gigi susu anak

18 Oct 2014, 09:00 WIB
Wanita, 281 tahun.
pagi dok, saya igin tanya, anak saya umur 8bl, sudah tumbuh gigi, gigi pertama yang keluar gigi taringnya dulu, lalu diikuti dengan gigi tengah, tapi mengapa gigi yang tengah ini tidak bisa rapat posisinya.terima kasih.( perempuan, 281 thn,165 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.
Menurut literatur, urutan pertumbuhan gigi susu diawali dengan pertumbuhan gigi seri yang ada di tengah, sekitar usia 6-12 bulan, diikuti gigi seri kedua pada usia 9-13 bulan, baru gigi taring yaitu usia 16-22 bulan. Mungkin yang Anda maksud dengan gigi taring adalah gigi seri yang kedua. Tapi kisaran usia ini terkadang berbeda-beda pada setiap anak, ada yang lebih cepat dan ada juga yang lebih lambat.

Pada periode gigi susu, adalah wajar bila terdapat celah pada gigi anak terutama pada gigi depan. Hal ini dikarenakan ukuran gigi susu lebih kecil daripada gigi permanennya. Jadi nantinya pada saat gigi susu digantikan oleh gigi tetap dan gigi taring permanen sudah tumbuh, celah ini akan tertutup dengan sendirinya. Masa di mana terdapat celah antara gigi anak disebut "ugly duckling" stage, dan tidak perlu dikhawatirkan.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

 

Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar