Sukses

Keputihan berlebihan

19 Oct 2014, 17:29 WIB
Wanita, 28 tahun.
malam dok, mau tanya 1. berbahayakah bila keputihan berlebihan tidak berwarna dan berbau? 2. apa yang menyebabkannya? 3. bolehkah saya berhubungan dgn suami? sekian, terima kasih.(perempuan, 28 thn,167 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Keputihan atau dalam bahasa medis disebut fluor albus, adalah cairan (bukan darah) yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara fisiologis/normal dan secara patologis (akibat kondisi medis tertentu seperti infeksi parasit/jamur/bakteri).

Pada saat tertentu, memang dapat terjadi peningkatan jumlah cairan secara fisiologis, namun hal itu bukanlah merupakan suatu pertanda adanya penyakit. Jumlah cairan vagina meningkat dalam kondisi peningkatan jumlah hormon pada sekitar masa haid atau saat hamil, penggunaan kontrasepsi, rangsang seksual, stres atau kelelahan, penggunaan obat-obatan atau alat kontrasepsi. Keputihan pada kondisi ini akan tampak bening (tidak berwarna), tidak berbau, tidak banyak, dan tidak menimbulkan keluhan seperti rasa gatal atau terbakar pada kemaluan.

Apabila keputihan yang Anda alami masih memenuhi kriteria di atas, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Keputihan menjadi patut diwaspadai apabila timbul gejala meningkatnya jumlah cairan vagina dari biasanya hingga terus menerus muncul dan acapkali mengganggu, berbau amis, apek, busuk, berwarna putih susu, kuning tua, coklat, atau kehijauan bercampur darah. Cairan vagina yang tidak normal juga ditandai dengan konsistensi encer, berbuih hingga kental menggumpal seperti susu basi.

 

Keputihan yang telah memenuhi salah satu kriteria di atas perlu diperiksa untuk memastikan kuman penyebabnya sehingga terapi dapat disesuaikan secara optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar