Sukses

Air cooler penyebab paru-paru basah?

19 Oct 2014, 21:07 WIB
Pria, 27 tahun.
Pagi dok, saya berencana untuk membeli Air Cooler (kipas angin yang diisi air dan es batu). Tetapi teman2 saya mengatakan bahwa Air Cooler dapat menyebabkan paru paru basah. Apakah memang demikian? Apa penyebab utama paru paru basah? Terima kasih (laki-laki, 27 thn,175 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Paru-paru basah merupakan istilah awam yang digunakan untuk menggambarkan suatu komplikasi tuberkulosis (TBC) pada selaput paru/pleura.

Seperti yang telah banyak diketahui, Tuberkulosis atau TBC adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menular melalui droplet mengandung kuman tuberkulosis, yang dikeluarkan oleh penderita tuberkulosis ke udara terutama saat batuk dan bersin. Kuman dalam droplet ini dapat bertahan pada suhu 25°-30° Celcius, dan akan menginfeksi siapapun yang menghirupnya.

Penggunaan kipas angin maupun air cooler tidak berpengaruh pada perkembangan penyakit paru-paru basah. Yang terpenting adalah kondisi daya tahan tubuh, diagnosis dini, terapi dini dan adekuat, serta ada/tidaknya riwayat kontak dengan penderita tuberkulosis itu sendiri. Apabila terapi tidak dilakukan secara adekuat, kuman tuberkulosis dapat menyerang beberapa organ lain termasuk selaput paru yang mengakibatkan akumulasi cairan di selaput paru (paru-paru basah).

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar