Sukses

Gigi bungsu harus dioperasi

18 Oct 2014, 08:53 WIB
Pria, 35 tahun.
Dok saya punya masalah dengan dua gigi bungsu disebelah bawah kanan dan kiri dimana gigi tersebut sama-sama tumbuh menghadap kedepan (akar melekat dekat rahang), pertanyaan saya : 1)jika dilakukan tindakan operasi kira-kira adakah resiko yang akan terjadi? karena menurut dokter gigi tidak bisa dicabut tapi harus dilakukan operasi 2)apakah setiap dokter gigi bisa melakukan tindakan operasi tersebut? kalau tidak apakah ada spesialisnya untuk penanganan gigi saya terima kasih atas jawabannya( laki-laki, 35 thn,165 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Saya berasumsi bahwa yang Anda maksud dengan gigi bungsu tersebut adalah gigi molar (geraham) ketiga yang letaknya paling ujung, biasan disebut gigi M3. Gigi ini memang tumbuh paling akhir di saat semua gigi lain sudah tumbuh jadi seringkali tidak kedapatan tempat dan akibatnya gigi tumbuh di luar posisi normal atau tidak tumbuh sama sekali, istilahnya adalah gigi impaksi.

Pada kasus gigi impaksi umumnya memang tidak dapat dicabut biasa tapi membutuhkan tindakan operasi kecil. Setiap tindakan, bahkan tindakan pencabutan biasa sekalipun pasti mengandung resiko namun bila sudah dilakukan antisipasi sebelumnya maka resiko ini dapat diminimalisir yaitu dengan melakukan pemeriksaan lengkap termasuk mengenai riwayat kondisi pasien baik lokal (rongga mulut) maupun secara sistemik (kondisi tubuh keseluruhan).

Pasien dengan penyakit sistemik misalnya diabetes, jantung atau tekanan darah tinggi sebaiknya dikonsultasikan terlebih dulu ke dokter spesialis penyakit dalam, bila penyakitnya tidak terkontrol. Selain itu pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen juga penting, untuk mendapatkan gambaran posisi dan bentuk gigi yang terbenam di dalam tulang, yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Resiko komplikasi memang dapat terjadi, bila posisi gigi/akar gigi menyulitkan untuk diangkat, dan membutuhkan keahlian dan keterampilan dokter gigi.

Dokter gigi umum pun sebetulnya dapat melakukan tindakan pengangkatan gigi yang impaksi (disebut tindakan odontektomi), namun umumnya terbatas pada kasus yang ringan. Untuk awalnya tidak masalah bila berkonsultasi ke dokter gigi umum terlebih dulu, bila pada pemeriksaan diketahui bahwa kasus termasuk berat dan diluar kapasitas dokter gigi umum yang memeriksa Anda, tentunya Anda akan dirujuk ke dokter gigi spesialis bedah mulut yang berkompetensi untuk melakukan tindakan.

Anda tidak perlu khawatir karena odontektomi termasuk tindakan yang sangat sering dihadapi oleh dokter gigi spesialis bedah mulut.

Sebelum Anda menjalani operasi, ada baiknya Anda membaca artikel yang sudah dimuat di website Kami berjudul "Tips Setelah Operasi Gigi Bungsu" dengan mengklik https://www.klikdokter.com/column/detail/29.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar