Sukses

Kelebihan protein menyebabkan stroke?

20 Oct 2014, 10:32 WIB
Wanita, 28 tahun.
malam dok, saya ingin tanya dok, saya khawatir dok , apakah benar jika anak kelebihan protein menyebabkan anak terkena strok? Soalnya saya mendengar kejadian, anak berumur 9 bl kelebihan makanan mengandung protein terkena strok dan dilarikan ke RS. Apa saja makanan yang mengandung protein? Asupan makanan apa yang terbaik bagi anak saya yang berumur 8 bl jikalau tidak diperbolehkan untuk diberi makanan yang mengandung protein, sedangkan anak saya, saya beri nasi tim yang saya blender? terima kasih( perempuan, 28 thn,165 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. Protein penting dan dibutuhkan pada masa bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan. Pada 6 bulan pertama kehidupan. pemberian ASI ekslusif - yang mengandung protein, bersifat wajib. Selanjutnya pada bulan berikutnya dapat mulai ditambahkan dengan berbagai macam makanan pendamping ASI seperti bubur, sayuran, wortel, ayam, hati yang juga mengandung protein.

Apa acuannya bahwa anak sudah mendapat cukup protein?

Kecukupan protein dapat dilihat melalui kurva pertumbuhan yang umumnya menjadi acuan pemantauan dokter anak Anda. Jika normal,  maka anak Anda cukup mendapat protein.

Lantas, berapakah kadar protein yang dapat mencukupi kebutuhan harian seorang bayi?

Kebutuhan protein per hari pada seorang sangat tergantung dengan ukuran tubuh dan seberapa banyak olah raga yang dilakukan. Berikut daftar kebutuhan protein dalam sehari:

  • Lahir- 6 bulan       : 13 gram
  • 6 bulan - 1 tahun  : 14 gram
  • 1 tahun - 6 tahun  : 16-24 gram
  • 7 tahun -15 tahun : 28-50 gram
  • dewasa                   : 50-60 gram

Sebagai contoh, pada usia 8 bulan dibutuhkan protein sebanyak kurang lebih 14 gram dalam sehari. Ini setara dengan kurang lebih:

  • 75 gram atau 1 1/2 potong daging sapi atau daging ayam ukuran sedang
  • 75 gram hati ayam atau 3 buah
  • 100 gram telur ayam biasa (4 butir)
  • 75 gram ikan segar atau 1 1/2 potong sedang
  • 150 gram tahu, 1 1/2 potong sedang
  • 75 gram tempe, 1 1/2 potong sedang

 

Akan lebih baik jika makanan tersebut dikonsumsi dengan cara dikombinasi, dibandingkan hanya satu porsi besar saja dalam satu waktu.

Apa yang terjadi jika protein berlebihan?

Akan lebih baik jika makanan tinggi protein seperti ayam, daging diberikan dalam jumlah sedikit namun mencukupi kebutuhan harian dan dikombinasikan dengan jenis makanan lainnya, dibandingkan dalam satu porsi besar sekaligus. Hal ini dikarenakan tubuh tidak dapat menyimpan kelebihan protein. Tubuh akan memecah protein, digunakan seperlunya oleh tubuh, dan sisanya dibuang melalui urin. Keseluruhan proses tersebut membutuhkan kerja dari ginjal bayi yang sebenarnya masih belum matang. Sehingga bila terlalu banyak kadar protein pada bayi dapat menyebabkan ginjal menjadi terganggu.

Apakah ada hubungannya dengan stroke?

Makan makanan yang mengandung protein tinggi tidak baik untuk tubuh, kecuali jika diberikan pada anak-anak yang memang mengalami penyakit kekurangan protein dan atas anjuran dokter.  Makan terlalu banyak protein dapat meningkatkan risiko penyakit. Makanan tinggi protein yang didapat dari sumber protein hewani umumnya juga mengandung lemak yang tersaturasi yang tinggi pula. Sehingga bila dikonsumsi dalam jumlah besar dan dalam waktu panjang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes ataupun stroke. Selain itu juga dapat menganggu fungsi kerja ginjal dan hati. Namun umumnya stroke terjadi pada usia dewasa, dimana selain kadar lemak dan kolesterol yang tinggi juga sudah mulai ditemukan adanya sedikit kerusakan atau penuaan dari sel yang melapisi pembuluh darah.

Apa saja makanan yang mengandung protein?

Sumber protein terdiri dari protein hewani dan protein nabati. Beberapa contoh protein hewani yaitu seperti daging, ikan, telur,dan susu. Sedangkan sumber protein nabati adalah seperti buah, sayur dan kacang-kacangan. Anda juga bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai sumber- sumber protein lain beserta efeknya jika terdapat kekurangan protein dengan mengakses dengan klik judul artikel Protein.

Apa makanan yang baik diberikan untuk bayi usia 8 bulan?

Selain ASI, Anda dapat mulai memberikan makanan tambahan berupa buah, bubur susu, ataupun nasi tim yang dihaluskan. Anda juga dapat mengakses informasi mengenai jenis makanan lainnya yang dapat diberikan berikut jadwal pemberian makan dengan meng'klik' judul artikel berikut:

Jenis-jenis Makanan Bayi

Jadwal Makan Bayi

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar